Risky Afdhal Pribadi, Talenta Monolog SMA Nuris Jember, Rebut Juara di Ajang FLS2N 2018

Risky Afdhal Pribadi, Talenta Monolog SMA Nuris Jember, Rebut Juara di Ajang FLS2N 2018

Pesantren Nuris – Prestasi gemilang terus menyelimuti lembaga SMA Nuris Jember. Pekan lalu, hari Rabu (18/04/2018), siwa terbaiknya bidang monolog mampu raih juara 2 dalam ajang FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) 2018 tingkat daerah Kabupaten Jember. Dia adalah Rizky Afdhal Pribadi, siswa kelas XI IPS 1 SMA Nuris Jember, setelah menyisihkan 15 peserta lainnya.

Lomba bergengsi rutinan yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional tersebut diperebutkan puluhan sekolah untuk meraih tiga tropi dan piagamnya. Bahkan, peserta terbaik dalam lomba tersebut akan mewakili kabupaten ke tingkat provinsi.

(baca juga: Muhammad Fajri Kholili Zain, Leader Sejati, Peraih Juara 3 OSK Astronomi 2018)

Tahun lalu, Rizky, panggilan akrab siswa pencinta sastra tersebut juga meraih juara di ajang tersebut. Namun, kepanitiaan yang kurang terkoordinasi dengan baik di tingkat kabupaten akhirnya Rizky tidak berangkat ke Surabaya. Panitia FLS2N Kabupaten Jember yang dipasrahkan kepada Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran menyatakan permohonan maafnya kepada SMA Nuris Jember.

“Sebenarnya agak greget juga sih dengan panitia FLS2N Kabupaten Jember ini. Seolah lepas tangan, dan mengurung kesempatan saya untuk mencari pengalaman lomba provinsi ke Surabaya. Sekarang anehnya saya hanya dapat juara 2, padahal tanggapan penonton, komentar juri, dan guru pendamping sekolah lain antusias sekali dengan penampilan saya dan tim.” Kata Rizky.

(baca juga: Sengitnya English Competition 2018, SMA Nuris Jember Juara Speech Se-Eks Keresidenan Besuki)

“Lumayan kecewa, tetapi mau gimana lagi. Memang SMA Nuris Jember kurang aktif di MGMP Kesenian. Tetapi kan bukan masalah itu yang dinilai, tetapi potensi anak-anaknya bukan. Terima sajalah, kata pendamping kami, masih banyak lomba lain yang lebih kompetitif dan terbuka untuk kami menangi.”

Pembinaan ekstrakurikuler nonsains di SMA Nuris Jember memang ditingkatkan dalam meningkatkan prestasi lembaga. Melalui ekstrakurikuler yang dikelola oleh Tim Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam Jember, pengondisian pembinaan ekskul disesuaikan dengan kurikulum lomba atau olimpiade.

Mila Karmila, Ketua Seksi Penjamin Mutu Siswa menyatakan, “Setiap bakat anak-anak kami kelola dalam kegiatan ekskul. Terdapat lebih dari 70 kelas baik dari ekskul sains, nonsains, dan bahasa asing. Khusus monolog itu, kami akan terus meningkatkan jam terbang mental penampilan anak dan ekskul lainnya pun kami upayakan yang terbaik dalam menggerek prestasi lembaga.”[AF.Red]

Related Post