Santri Modern di Bulan Muharram

Penulis: M.Khozin/MN

Di tahun baru Islam 1436 H. Marilah kita ubah (change) dan pindah (move on) cara berfikir kita menjadi Islam modern (berfikir maju ke depan) akan tetapi tidak meninggalkan sedikitpun pemikiran “ulama salaf” dawuh Pengasuh PP Islam Modern kepada para santri saat peringatan tahun baru Islam di Aula Ponpes.

Bulan Muharram atau bulan Syuro (dalam bahasa Jawa) adalah awal permulaan bulan kalender Islam. banyak kehiatan, ritual dan amalan pada bulan ini. Dalam kalangan santri PP. Islam Modern bisa menuliskan lafadz Basmalah 786 kali dalam 1 malam di kertas putih polos.

(baca juga: Sepuluh Ribu Hadits)

Saat 1/3 malam (waktu tahajjud), para santri berbondong ke masjid untuk melaksanakan amalam ini. (Pray memori) sekitar 2 jam para santri telah menyelesaikannya. Pengasuh pun mengecek hasil dan dibeli minyak doa. Silih berganti tiba giliran Su’eb (Mahasiswa Jurusan Aplikom) , bukan membawa kertas ia malah membawa laptop. Ia menunjukkan hasil pekerjaannya kepada pengasuh, yaitu worksheet excel tulisan Basmalah dengan dicopy 786 bahkan lebih hingga 1000 kali. Ia menjelaskan bahwa ia sudah melaksanakan amalan ini dan juga menjadi santri modern seperti dikatakan Pengasuh. Don’t Laught.

Related Post