Congratulation Cards, Metode Pembelajaran Kreatif Guru Nuris

Pesantren Nuris– Pembelajaran bahasa Inggris tidak lagi menjadi momok bagi siswa SMA Nuris Jember.  Sebab di sekolah menengah tersebut pembelajaran bahasa Inggris dibuat semenarik mungkin, tidak menyebabkan siswa bosan, aktif, kreatif, cerdas dan inovatif. Salah satunya adalah pembelajaran Writing Congratulation Cards atau menulis kartu ucapan yang dilaksanakan di kelas X (23/7/2018).

Pada materi Writing Congratulation Cards siswa diminta untuk menulis Congratulation Cards (kartu ucapan). Kartu ucapan tersebut berupa ucapan selamat atas kesuksesan, kemenagan, pernikahan, dan lain-lain. Disinilah kreativitas mereka disalurkan, sebab siswa  tidak hanya menulis tetapi juga mendesain kartu ucapan tersebut semenarik dan sebagus mungkin. Kemudian hasil karya mereka ditempel di majalah dinding masing-masing kelas.

(baca juga: Selamat dan Sukses, Ratusan Siswa SMA Nuris Jember Lolos Seleksi PTN)

Adanya pembelajaran Writing Congratulation Cards dan penugasan untuk menulis Congratulation Cards untuk menggali kemampuan siswa dalam menulis menggunakan bahasa Inggris. Mrs. Kartika, guru bahasa Inggris kelas X SMA Nuris Jember, tidak membiarkan begitu saja tugas tersebut. Evaluasi dan motivasi selalu diberikan untuk meningkatkan semangat siswa.

Antusias siswa luar biasa sekali ikuti pembelajaran  tersebut. Mereka tidak merasa bosan, bahkan kartu ucapan yang mereka buat sangat bagus dan menarik. “Bahasa Inggris bukanlah pelajaran yang susah. Kami senang belajar bahasa Inggris bersama Mrs. Kartika, sebab tidak melulu teori di kelas tetapi juga praktik yang dapat mengasah kreativitas kami, “ kata salah satu siswa kelas X SMA Nuris Jember.

Hasil kartu ucapan mereka juga memuaskan. Desain kartu ucapan mereka juga sangat bagus. “Saya bangga dengan siswa SMA Nuris Jember, sebab kartu ucapan yang mereka tulis bagus. Pilihan kata yang digunakan juga baik, penulisan dalam bahasa Inggris juga bagus, desain kartu ucapan mereka juga sangat bagus dan menarik,” kata Mrs. Kartika, guru bahasa Inggris kelas X SMA Nuris Jember.

(baca juga: Workshop Pembelajaran SMA Nuris Jember, Bekal Laksanakan KBM Prima)

“Saya akan berusaha memberikan pembelajaran yang terbaik. Semoga mereka senang belajar bahasa Inggris dan tidak pernah menganggap jika bahasa Inggris merupakan pelajaran yang susah. Semoga mereka selalu semangat,” imbuhnya. (Red/Yuv)

Related Post