Kenali Lebih Dekat Sosok Agus Purwanto, D.Sc.

Penulis: Ahmad R

Agus Purwanto, D.Sc. merupakan pria kelahiran Jember tahun 1964. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 nya jurusan Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB). Studi S1 nya diselesaikan pada tahun 1989 dan S2nya diselesaikan pada tahun 1993. Pendidikannya tidak berhenti sampai disini, Agus Purwanto melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di jurusan Fisika Universitas Hirosima Jepang. Beliau berhasil menyelesaikan studi S2 pada tahun 1999 dan S3 pada tahun 2002.

(baca juga: Dosen Muda dan Menginspirasi Inilah Sosok A. Ginanjar Sya’ban)

Bidang minat yang dipilihnya adalah Neutrino, teori Medan Temperatur hingga , dimensi ekstra, dan kelahiran jagad raya asimetrik atau baryogenesis. Selama kuliah, beliau aktif di berbagai organisasi, salah satunya sebagai ketua kelompok diskusi Fisika Astronomi Teoritik (FiAsTe) ITB pada tahun 1987 sampai dengan 1989. Organisasi tersebut merupakan organisasi yang didirikannya. Semasa kuliah S1 dia aktif menjadi asisten Laboratorium Fisika Dasar, mata kuliah Fisika Dasar, Fisika Matematika, Gelombang, dan Mekanikan Kuantum. Selama kuliah di jurusan Fisika Universitas Hirosima Jepang, beliau juga menjadi anggota Himpunan Fisika Indonesia dan Physical Society of Japan.

(baca juga: Jejak Ibnu Sina, Ulama, Saintis, Penulis Produktif Muslim Mendunia)

Selain menjadi asisten, pria kelahiran Jember ini juga aktif menulis di media massa seperti Kuntum, Suara Muhammadiyah, Mekatronika, Kharisma, Simponi, Surya, Replubika, dan Kompas. Di balik sosoknya yang murah senyum, penelitiannya telah dipublikasi di Modern Physics Letter, Progress of Theoretical Physics, Physical Review, dan Nuclear Physics. Saat ini, beliau menjadi staf pengajar di jurusan fisika FMIPA Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sejak tahun 1989. Beliau tinggal di Perumahan ITS.

Penulis merupakan siswa MA Unggulan Nuris kelas XI PK A. Dia aktif sebagai anggota Jurnalistik Website Pesantrennuris.net

Related Post