Padukan Hobi Make Over dan Aktivis Organisasi, Alumni Nuris Ini Mampu Lulus Cepat

Padukan Hobi Make Over dan Aktivis Organisasi, Alumni Nuris Ini Mampu Lulus Cepat

Pesantren Nuris – Tiada waktu untuk diam, selama ada waktu luang, harus ada kegiatan positif yang mengisi keseharian gadis cantik dan gesit ini. Mulai melaksanakan kewajiban pendidikan tinggi di Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Jember (UNEJ), ikut aktif sebagai pengurus harian di Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) tepatnya, IMASIND (Ikatan Mahasiswa Sastra Indonesia), dan juga tak lupa mengembangkan hobi menjadi bakat yang profesional dalam urusan tata rias atau dikenal dengan make over. Siapakah alumni Nuris yang super aktif ini? mari ikuti liputannya!

Gadis yang sudah biasa aktif melaksanakan hobi menulis novel sejak di SMA Nuris Jember ini memang dikenal sebagai pribadi yang tak biasa berpangku tangan. Nur Afifah Risqiana atau Afifah panggilan akrabnya. Santri Pesantren Nuris Jember kelahiran Jember, 20 Agustus 1996 ini dapat memadukan setiap kesibukan yang dilaluinya dengan disiplin tanpa ada yang terabaikan.

(baca juga: Kado Ulang Tahun Mengesankan, Alumni Nuris Wisuda Pascasarjana di National Chiayi University Taiwan)

Dia punya target untuk menyelesaikan kuliah dalam waktu yang tepat tidak lebih dari 4 tahun sesuai standar. Meski kesibukannya turut aktif di keorganisasian jurusan, tidak tanggung-tanggung, Afifah menduduki posisi strategis di IMASIND tersebut. Di tahun kedua masuk di FIB setelah setahun menjadi anggota IMASIND, dia terpilih sebagai Kepala Divisi Keorganisasian, lalu lanjut di tahun berikutnya sebagai Sekretaris Umum.

“Alhamdulillah saya tidak hanya sekedar titip nama di organisasi, tapi saya benar-benar totalitas. Mungkin bagi sebagian orang perempuan pulang tengah malam itu merupakan hal yang tidak baik, tapi bagi saya malam itu hanya persoalan waktu jika diisi dengan hal yang bermanfaat saya tidak takut melakukan hal itu Hampir setiap hari dulu waktu saya jadi ketua panitia pulang pagi jam 2, jam 3 untuk rapat paginya kuliah jam 7. Banyak orang yang bilang bahwa anak yang totalitas di organisasi sulit untuk lulus tepat waktu. Akhirnya, saya berkomitmen sama diri saya sendiri kalau saya harus bisa lulus tepat waktu, and finally saya bisa lulus tepat waktu.” Kata anak pasangan dari Ibu Rofiko dan Bapak Jufrianto.

Dengan sebarek kesibukan, bahkan sering didapuk sebagai ketua panitia di berbagai acara di FIB tak membuat surut semangat Afifah dalam mengejar kelulusan yang baik di kampusnya. Tak sampai di situ, dia menggali bakatnya di bidang tata rias. Terinspirasi dari dawuh Kyai Muhyiddin Abdusshomad tentang bahwa perempuan itu harus berpendidikan tinggi dan berakhlakul karimah, Afifah mengolah motivasi itu dengan menambahi wejangan itu dengan tambahan perempuan harus cantik. Maka, dia termotivasi untuk menggali passion-nya sebagai ahli make over.

(baca juga: Temukan Bahan Pembelajaran Baru, Alumni Nuris Ini Tuai Pujian)

Secara otodidak, gadis asal Desa Patemon, Kecamatan Pakusari, Jember ini belajar tutorial make up di video channel Youtube, termasuk aktif di berbagai pelatihan dan seminar tata rias seraya mempraktikkannnya kepada teman-teman dan dirinya sendiri. Motivasi yang tinggi akan keterampilan tata rias terus diasahnya dengan tekun bersamaan dengan kesibukan sebagai organisator ulung, dan mahasiswa yang aktif.

Dari berbagai proses yang telah dilaluinya, akhirnya alumni SMA Nuris Jember tahun 2014 ini mampu menyandang gelar Sarjana Sastra setelah merampungkan penelitian berjudul “Pemilihan Bahasa pada Masyarakat Etnik Madura di Desa Patemon, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember” dengan raihan Indek Prestasi Kumulatif yang cukup membanggakan yakni, 3, 37. Dia telah mempertanggungjawabkan hasil skripsinya di hadapan dosen penguji pada, 18 Juli 2018 lalu.

“Bagi saya tidak ada harapan terbaik selain semoga ilmu yang saya dapatkan bermanfaat. Apa pun pekerjaan saya nanti yang penting saya suka mengerjakannya dan professional. Pengalaman saya nyantri di Pesantren Nuris Jember, berorganisasi di FIB, hingga penggalian bakat melalui tata rias membuat saya banyak belajar betapa pentingnya tanggung jawab dan kerja sama tim. Semoga apa yang saya cita-citakan terwujud, dan terima kasih kepada semua guru dan teman yang telah mendukung saya.” Tutupnya.[AF.Red]

Nama : Nur Afifah Risqiana

Alumni : Lembaga SMA Nuris Jember, 2014

Kuliah : Universitas Jember, jurusan Sastra Indonesia

foto Nur Afifah Risqiana bersama teman-temannya setelah sidang skripsi

foto Nur Afifah Rizqiana setelah sidang skripsi

Related Post