Gus Royhan, Alumnus Al Azhar, Mesir Beri Sambutan Seminar Sains Santri

Gus Royhan, Alumnus Al Azhar, Mesir Beri Sambutan Seminar Sains Santri

 Pesantren Nuris – Kegiatan seminar sains santri dalam rangka membangun motivasi sains kepada santri di Pesantren Nuris Jember berjalan sukses pada Rabu, 01 Agustus 2018 kemarin. Agus Purwanto, D.Sc, pakar fisika teoritis alumnus Hiroshima University, Jepang, yang kini menjadi dosen di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya menjadi pemateri tunggal di seminar tersebut.

(baca juga: Hal Menarik Terpilihnya Indonesia sebagai Tuan Rumah Asean Games 2018)

Sejak pembuka acara seminar sudah tampak riuh oleh semangat peserta. Tepuk tangan sebagai penghormatan antusiasme. Mereka adalah siswa baru yang berhasil lolos seleksi ekskul sains dari lembaga formal di Pesantren Nuris Jember yakni, siswa kelas VII SMP dan MTs Unggulan Nuris; serta siswa kelas X SMA, SMK, dan MA Unggulan Nuris.

Gus Royhan Tamami, putra sulung Gus Abdurrahman Fathoni, memberi sambutan awal seminar sains santri tersebut. Dia yang alumnus Al Azhar, Kairo, Mesir berbagi pengalaman soal bagaimana meraih ilmu yang berkah, fokus pada visi sekolah dan menggapai cita-cita, sekaligus membuka acara ini. Dia, didamping ayahandnya, didapuk menggantikan sambutan Pengasuh Pesantren Nuris Jember, Gus Robith Qoshidi yang masih pemulihan kesehatan.

(baca juga: Seminar Sains Santri Bersama Agus Purwanto, D.Sc., Alumnus Hiroshima University Jepang)

“Memang banyak temuan-temuan ilmuwan Islam pada masa kejayaannya. Islam lebih dulu memiliki peradaban sains. Kini sudah saatnya kita sebagai santri, penerus perjuangan para nabi untuk memperdalam pengetahuan. Yang mau jadi kyai ya jadilah kyai, yang mau jadi saintis ya jadilah saintis, dan seterusnya.” Kata Gus Royhan.

Seminar sains santri di Pesantren Nuris Jember ini adalah kali kedua diselenggarakan. Kegiatan ini sebagai pembuka semangat dan cakrawala berpikir santri agar tetap fokus dan terus menggali sains berdasarkan Alquran. Kegiatan ini bertema, “Membangun Sains Santri Berbasis Alquran melalui Nalar Ayat-ayat Semesta” sesuai buku motivatif karya Agus Purwanto yang sangat fenomenal tersebut.[AF.Red]

Agus Purwanto saat memberi materi seminar sains santri di Pesantren Nuris Jember

Related Post