Hadrah Pesantren Nuris Jember Bersiap Ke Malang Usai Juara Kabupaten

Hadrah Pesantren Nuris Jember Bersiap Ke Malang Usai Juara Kabupaten

Pesantren Nuris – Kebanggaan tengah dirasakan oleh Pengasuh Pesantren Nuris Jember, Gus Robith Qoshidi, atas prestasi yang diraih oleh santrinya melalui lomba hadrah tingkat Kodim Kabupaten Jember pada Jumat, 10 Agustus 2018 lalu.

Ini prestasi yang cukup mengejutkan, sebab tim hadrah Ashabul Muhyi dari pesantren yang berlokasi di Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember ini mampu bersaing dengan 31 tim hadrah lainnya di Jember.

Lomba hadrah yang diinisiasi oleh TNI (Tentara Nasional Indonesia) dalam rangka Komunikasi Sosial dan Kreatif Tahun 2018, menyertakan komunitas hadrah terbaik yang berada di setiap rayon militer (Koramil) atau setingkat kecamatan untuk berkompetisi di tingkat kabupaten. Hadrah Pesantren Nuris Jember yang dipercaya mewakili Koramil Sumbersari mampu meraih juara 2.

(baca juga: Dari Triyanto Triwikromo hingga Juara Sayembara Cerpen Mitologi Nasional di Semarang)

Peraih juara hadrah lainnya yakni, perwakilan Koramil Ambulu sebagai juara 1, Koramil Balung sebagai juara 3, dan juara harapan 1 yang diraih oleh Koramil Umbulsari. Para peraih juara ini akan mewakili Kodim Kabupaten Jember untuk berkompetisi di tingkat Korem Malang pada hari Selasa, 28 Agustus 2018.

“Kami bangga dan senang sekali atas prestasi hadrah kali ini. Sepertinya ini baru kali pertama kami juara. Lomba hadrah kan umum, siapa pun yang senior boleh ikut. Tetapi kami meski masih santri dari lembaga SMA dan MA Unggulan Nuris, bisa bersaing dan raih juara.” Kata M. Rizal Maulana, salah satu anggota hadrah dan siswa kelas XII PK A MA Unggulan Nuris tersebut.

(baca juga: Anadara, Terobosan Kesehatan Gigi Modern Berbahan Dasar Limbah)

“Ada dua lagu yang kami nyanyikan, yang pertama Ya Lal Wathon, wajib dari panitia, dan Lau Kana sebagai lagu pilihan. Berkat arahan dan pembinaan di Ekskul Hadrah yang dibina Ustad Eko, kami bisa menuntaskan penampilan hadrah Albanjari-Habsyian dengan mulus.” Imbuhnya.

Melalui manajemen Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam Jember, kegiatan ekstrakurikuler bukan sekadar menampung bakat dan minat siswa yang berada di Pesantren Nuris Jember, melainkan juga mampu menggalang prestasi. Terbukti dengan perolehan prestasi hadrah ini salah satu contohnya.

Wadah aspirasi dan bakat siswa betul-betul digodok secara serius dengan metode yang akurat. Gus Robith Qoshidi menyatakan, “Hadrah merupakan salah satu ekskul nonsains yang juga kami tingkatkan prestasinya selain sains dan bahasa asing. Selamat kepada mereka, terus berjuang, semoga bisa sukses pula saat lomba di Malang ke depan.”[AF.Red]

penyerahan piala hadrah dari dewan juri

foto bersama juara hadrah dan lukis bersama komandan Kodim Jember

 

 

Related Post