Siswa TK Bina Anaprasa, Semangat Praktik Haji

Pesantren Nuris- TK Bina Anaprasa partisipasi dalam kegiatan MHC (Manasik Haji Cilik), Sabtu lalu (25/8/2018). Siswa kelompok B TK Bina Anaprasa ikuti kegiatan tersebut dengan semangat. MHC ini dilaksanakan di lapangan Yonif 509 Kostrad Sukorejo Jember. Kegiatan tersebut diadakan oleh Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) se-kecamatan Sumbersari yang bekerjasama dengan Secaba Yonif 509 Kostrad Sukorejo.

MHC ini merupakan agenda Ikatan Guru TK (IGTKI) yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Di tahun 2018 ini, kurang lebih 1270 siswa TK se-kecamatan Sumbersari ikuti kegiatan tersebut. Dilaksanakannya MHC ini guna mengenalkan dan mengajarkan kepada siswa TK tentang rukun Islam yang kelima yaitu menunaikan ibadah haji. Kegiatan berlangsung lancar dan khidmat layaknya kegiatan haji yang sebenarnya. Siswa laki-laki berpakaian ihram dan siswa perempuan berpakaian busana muslim berwarna putih. Lapangan Yonif pun juga dibuat menyerupai Mekah.

(baca juga: Usung Tema Bhineka Tunggal Ika, TK Bina Anaprasa Juarai Karnaval)

Kegiatan MHC ini dibuka langsung oleh Camat Sumbersari, Eswandi. Kegiatan dilanjutkan dengan sholat tahyatul  di masjid. Kemudian, jamaah haji cilik ini melakukan kegiatan wukuf di Arafah, Tawaf dan Sa’i (berlari kecil antara 2 bukit yaitu Sofa dan Marwa), serta kegiatan melontar tiga jumrah yakni Aqobah, Wutsho, dan Ula. Dilanjutkan dengan prosesi Tahallul yang menandai selesainya serangkaian ibadah haji. Setelah seluruh kegiatan haji dilakukan, seluruh peserta makan kurma bersama.

(baca juga: Play Group dan TK Bina Anaprasa Fun and Smart Education , Pilihan Tepat Buah Hati Anda)

“Terharu sekali melihat siswa saya menjalankan semua rukun haji. Mereka begitu bersemangat menjalakannya dengan semangat hingga selesai walaupun dalam keadaan panas, “ kata bu Anita, salah satu guru TK Bina Anaprasa. (red/Yuv)

 

Related Post