Harumkan Pesantren Nuris Jember di Yogyakarta, Nihayatuz Zaen, Juara Baca Kitab Fathul Qorib Lintas Nusantara

Harumkan Pesantren Nuris Jember di Yogyakarta, Nihayatuz Zaen, Juara Baca Kitab Fatkhul Qorib Lintas Nusantara

Pesantren Nuris – Menjadi mahasiswa baru di kampus kebanggaan di Yogyakarta adalah impian banyak santri dari berbagai penjuru nusantara. Tak terkecuali, Nihayatuz Zaen, alumni Pesantren Nuris Jember, salah satu alumnus terbaik di kelas Program Keagamaan Unggulan Kitab di MA Unggulan Nuris ini.

Berkat prestasi di bidang akademik dan nonakademik selama masih menjadi siswa di MA Unggulan Nuris, dara kelahiran Jember, 16 Juli 2000 lolos masuk Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA) Yogyakarta melalui jalur raport dan prestasi yakni, SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) 2018.

Tercatat di noktah pretasi MA Unggulan Nuris, Nia pernah menjuarai Olimpiade Bahasa Inggris tingkat Provinsi Jawa Timur, Juara Baca Kitab Fathul Qorib Putri Kabupaten. Penyuka Bahasa Inggris ini juga dikenal kritis dan cerdas. Sejak berada di MTs Unggulan Nuris hingga melanjutkan ke MA Unggulan Nuris, Nia selalu berada di peringkat kelas 3 terbaik.

(baca juga: Komitmen Jadi Aparatur Negera, Alumni Nuris Berprestasi Nasional ini Lolos PKN STAN)

Putri dari pasangan Muhlis dan Fidrotin ini tanpa canggung langsung bisa berbaur dengan teman-temannya saat awal masuk di kampus UIN SUKA tersebut. Kemampuannya dalam beradaptasi dan berbekal pengalaman selama berada di Pesantren Nuris Jember, membuat Nia, panggilan akrabnya, langsung bisa memunculkan bakat dan meraih prestasi di kampus tersebut.

Sebagai mahasiswa baru pada Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Program Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam, motivasi dan semangat tinggi ditunjukkan oleh gadis asal Cempakaan, Sukorambi, Kabupaten Jember. Perlombaan Baca kitab Fathul Qorib saat mengikuti Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) di UIN SUKA Yogyakarta tak dilewatkannya.

Dia mengikuti seleksi tingkat program studi hingga fakultas lalu terpilih sebagai perwakilan fakultas sebagai peserta lomba Baca Kitab Fathul Qorib tingkat universitas. Kompetisi ini pun diikuti oleh puluhan perwakilan terbaik fakultas. Berbagai persiapan telah ditekuni oleh Nia sampai saat lomba itu tiba.

(baca juga: Komitmen Jadi Aparatur Negera, Alumni Nuris Berprestasi Nasional ini Lolos PKN STAN)

“Berkat Nurfata (Nuris’s Family in Yogyakarta) juga sih yang mendampingi, ini semakin menambah kepercayaan diri selama masa pengenalan di kampus. Saya terus belajar dan tekad saya bahwa alumni Nuris pantang diremehkan dalam lomba baca kitab yang memang sering saya pelajari selama di Pesantren Nuris Jember.” Ungkap Nia.

Benar pula, Nia mampu bersaing dan meraih juara 3 dalam gelaran lomba bergengsi bagi semua mahasiswa baru yang datang dari berbagai daerah di Nusantara tersebut (29/08/2018). Sebagai juara 3, Nia mendapatkan tropi dan sertifikat yang diserahkan oleh Rektor UIN SUKA Yogyakarta yakni, Prof. Dr. Yudian Wahyudi. Peraih juara 1 adalah Fatah dari Fakultas Ushuluddin, dan juara 2 yakni, Badriyah Sa’adah dari Fakultas Tarbiyah.

“Saya bersyukur atas raihan ini semoga menjadi awal prestasi saya saat berada di sini. Saya bangga karena bisa membuat Pesantren Nuris Jember, khususnya MA Unggulan Nuris, juga diperhitungkan di Yogyakarta. Kami selalu berusaha memberikan kiprah terbaik yang kami bisa sebagai alumni Nuris.” Imbuhnya.[AF.Red]

Nama : Nihayatuz Zaen

Alumni : Lembaga MA Unggulan Nuris, 2018

Kuliah : UIN SUKA Yogyakarta jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam

Related Post