Apresiasi Peneliti Litbang Agama Semarang Soal Literasi di MA Unggulan Nuris

Apresiasi Peneliti Litbang Agama Semarang Soal Literasi di MA Unggulan Nuris

Pesantren Nuris – Agus Iswanto, S.S., MA. Hum, Peneliti Litbang Agama Semarang, berkunjung ke  MA Unggulan Nuris guna meneliti gaya pengembangan literasi di madrasah tersebut (06/09/2018). Kunjungannya disambut hangat oleh Kepala Bidang Humas Yayasan Nurul Islam Jember, Gus Abdurrahman Fathoni, SH., M.Si., dan segenap structural di MA Unggulan Nuris.

Terkait penelitian yang akan Agus Iswanto lakukan, dia memilih MA Unggulan Nuris sebagai sampel model pengembangan literasi karena lembaga tersebut madrasah swasta berbasis pesantren. MA Unggulan Nuris tergolong madrasah yang besar di Kabupaten Jember dengan banyak prestasi. Baginya, tentu MA Unggulan Nuris memiliki kebijakan yang unik dan menarik ketimbang madrasah tanpa kekhususan asrama atau pesantren.

(baca juga: Update Terkini Capaian Prestasi MA Unggulan Nuris)

“Dan ini saya temukan di MA Unggulan Nuris yang berada di Pesantren Nuris Jember, citra pesantren lemah dalam hal informasi, lemah dalam literasi, terpatahkan di sini. Pengasuh dan kepala madrasah di MA Unggulan Nuris serta didukung dengan guru-guru yang kompeten, literasi dan arus informasi di sini tergolong bagus.” Kata Agus.

“Mading yang kontennya kreatif, buletin Nadzrah menjadi salah satu model literasi yang terus aktif di MA Unggulan Nuris. Langganan Koran Jawa Pos, Kompas, bahkan Jakara Post menjadi bahan pembelajaran di sini. Termasuk Majalah Nuris, menjadi ladang kreasi santri di sini untuk menuangkan ide konstruktif.”

“Segenap siswa di MA Unggulan Nuris juga mampu mengelola tulisan kolom rutin di website pesantrennuris.net. Melalui ekstrakurikuler jurnalistik website, potensi mereka terus diasah. Termasuk seminar literasi baik yang diadakan di lembaga formal maupun pesantren. Ini sangat mendukung model literasi di MA Unggulan Nuris.” Imbuhnya.

(baca juga: Anadara, Terobosan Kesehatan Gigi Modern Berbahan Dasar Limbah)

Seraya berkeliling di setiap sudut lembaga MA Unggulan Nuris dan wilayah Pesantren Nuris Jember, Agus didampingi oleh Gus Abdurrahman Fathoni dan Achmad Faizal, selaku Kepala Ekstrakurikuler Nonsains, mengunjungi Perpustakaan Nuris, Taman Baca di Asrama Daltim, dan kantor MA Unggulan Nuris.

Dia juga salut dengan pengondisian laptop, wifi, dan daya baca di MA Unggulan Nuris sehingga pada bulan Maret 2018 lalu, salah satu siswa MA Unggulan Nuris juara esai tingkat nasional di Yogyakarta. Termasuk kesuksesan anak didik Ning Balqis Alhumairo, Kepala MA Unggulan Nuris, sukses meraih juara Lomba Karya Tulis Ilmiah bidang kesehatan di Universitas Negeri Surabaya pada bulan Juli 2018 lalu.[AF.Red]

Related Post