Ingin Hidup Sehat? Ini Caranya

Pesantren Nuris- Assalamualaikum sahabat muslim. Bagaimana nih kabarnya? Semoga selalu diberikan sehat dan berada dalam lindungan Allah Swt ya, Amin. Sehat merupakan suatu harta yang mahal. Mungkin bisa kita rasakan sendiri, jika kita sakit maka semua akan terganggu. Mulai dari belajar, ibadah, dan beberapa aktivitas lainnya. Oleh karena itu, jika kita diberi kesehatan kita harus bersyukur dan menjaga kesehatan dengan baik.  Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan yang benar? Berikut merupakan solusi untuk menjaga kesehatan.

Pertama, membiasakan diri untuk bangun pagi. Bangun pagi dapat menjadikan badan menjadi sehat, karena udara pagi masih sangat segar, belum terkena polusi. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan sinar matahari pagi yang terbukti dapat menyehatkan tubuh.

(baca juga: Remaja Zaman Now, Anti Malas)

Kedua, makanlah sesudah lapar dan berhentilah sesudah kenyang. Cara ini pada hakikatnya, selain membuat badan sehat, juga dapat mengontrol nafsu makan. Nafsu makan yang berlebihan, selain buruk untuk badan juga buruk untuk kesehatan. Seperti sabda Rasulullah Saw yang artinya, “Sepertiga perut untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga untuk nafas atau udara”.

Ketiga, tidak mengonsumsi barang yang rusak. Mengonsumsi  makanan yang diharamkan jelas merugikan kesehatan. Tidak hanya kesehatan jasmani saja, kesehatan rohani dan jiwa pun bisa ikut terganggu.

Keempat, banyak berolahraga. Berolahraga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Tidak perlu olahraga yang mahal, cukup dengan berjalan-jaan dan lari juga signifikan hasilnya.

Kelima, banyaklah berpuasa. Berpuasa sangat baik untuk menyehatkan tubuh. Nukan hanya tubuh yang sheat, tetapi juga memeroleh pahala. Puasa tidak akan memberikan kesehatan secara jasmani saja, tetapi juga rohani. Puasa juga memberikan waktu istirahat pada alat pencernaan dari pekerjaan berat mencerna makanan yang tiada henti-hentinya. Sesuai dengan sabda Rasulullah Saw yang artinya “Berpuasalah agar engkau sehat”.

(baca juga: Tips Betah di Pondok Ala Santri Baru Nuris)

Paparan di atas merupakan tips agar selalu sehat. Semoga bermanfaaat dan jangan lupa dicoba ya. Nantikan tips-tips kami berikutnya. (red/Riska)

Related Post