Ekstrakurikuler Bahasa Nuris, Kelola Bakat Siswa Siap Sumbangkan Prestasi

Pesantren Nuris- Bukan Nuris apabila tidak berinovasi untuk menggali bakat siswa. Selain ekstrakurikuler sains dan nonsains, Nuris juga memiliki ekstrakurikuler bahasa. Ekstrakurikuler ini menggali dan mengelola kemampuan siswa di bidang keterampilan bahasa, khususnya bahasa Asing seperti bahasa Arab dan bahasa Inggris. Sudah dua tahun terakhir ekstrakurikuler bahasa dikelola dan semakin berkembang.

Siswa yang memiliki bakat di bidang bahasa baik bahasa Inggris maupun bahasa Arab, bisa bergabung di ekstrakurikuler bahasa Nuris ini. Mulai dari lembaga SMP dan MTs Unggulan Nuris juga SMA, SMK, dan MA Unggulan Nuris. Ada kurang lebih 14 jenis pembinaan yang diberikan oleh ekstrakurikuler bahasa. Untuk lembaga SMP dan MTs Unggulan Nuris disediakan tiga jenis pembinaan di antaranya olimpiade bahasa Inggris, public speaking, dan juga pidato bahasa Arab. Sedangkan untuk SMA, SMA, dan MA Unggulan Nuris disedikan kurang lebih 7 jenis pembinaan di antaranya olimpiade Bahasa Inggris Dasar dan Lanjutan, toefl dasar dan lanjutan, public speaking dasar dan lanjutan, debate dasar dan lanjutan juga pidato bahasa Arab.

(baca juga: Ekstrakurikuler Sains Nuris, Gali dan Asah Potensi Siswa dengan Prima)

Tidak tanggung, siswa yang ingin mengikuti ekstrakurikuler bahasa harus mengikuti tahap seleksi. Seleksi dilakukan dengan mengadakan lomba. Siswa yang berminat di ekstrakurikuler ini harus mengikuti lomba sesuai dengan minatnya. Mereka yang dinyatakan sebagai pemenang dan memenuhi standar yang sudah ditetapkan bisa bergabung di ekstrakurikuler bahasa ini. Sampai saat ini, sudah puluhan siswa pilihan bergabung di ekstrakurikuler ini.

Ekstrakurikuler bahasa ini memberikan pembinaan dengan mendatangkan tentor-tentor berbakat dan ahli di bidangnya. Pembinaan dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, setelah pulang sekolah. Selama ini, ekstrakurikuler bahasa sudah menyumbangkan beberapa prestasi membanggakan untuk Nuris. Mulai dari tingkat Kabupaten Jember, se-Tapal Kuda, Provinsi Jawa Timur,  hingga Jawa-Bali, bahkan tingkat nasional. Adapula siswa binaan ekstrakurikuler bahasa yang mendapat beasiswa ke Pare dari SMA Nuris Jember karena prestasinya. Bahkan ada juga yang meraih nilai toefl nyaris sempurna.

(baca juga: Fantastis, Nilai Toefl Siswa SMA Nuris Jember Nyaris Sempurna)

Saat ini, ekstrakurikuler bahasa dikepalai oleh Qutwatil Fitriyah. Ekstrakurikuler bahasa akan bertugas dengan baik, melakukan pembinaan sebaik-baiknya, hingga memberikan prestasi untuk Nuris. “Ekstrakurikuler bahasa akan kami kelola dengan baik, mendatangkan tentor handal dan memberikan pembinaan intensif akan terus kami lakukan. Semoga kami bisa mengharumkan nama Nuris melalui prestasi,” kata Qutwatil Fitriyah, kepala ekstrakurikuler bahasa. (Red/Yuv)

 

Related Post