Klub Sains Astronomi Nuris, Peringati Pekan Antariksa Dunia

Pesantren Nuris–  Klub Sains Astronomi Nuris peringati Pekan Antariksa Dunia atau yang lebih dikenal dengan World Space Week. Dengan semangat, anggota Klub Sains Astronomi Nuris menggelar perhelatan peringatan Pekan Antariksa Dunia. Gelaran tersebut dilaksanakan selama dua hari yaitu Kamis, 4 Oktober 2018 dan Senin, 8 Oktober 2018.

World Space Week adalah perayaan internasional terhadap kontribusi ilmu pengetahuan alam dan teknologi pada kehidupan manusia. Khususnya adalah ilmu yang berkaitan dengan penerbangan ke luar angkasa dan pemanfaatan ruang angkasa untuk kehidupan. Kemudian tanggal 4 – 10 Oktober dipilih karena tanggal-tanggal tersebut memiliki nilai sejarah yang sangat penting.

(baca juga : Aksi Klub Astronomi Nuris Saat Lunar Eclipse Camp di BPAA Lapan Pasuruan)

Pada tanggal 4 Oktober 1957, terjadi peluncuran satelit buatan manusia yang pertama. Satelit itu adalah Sputnik 1 milik Uni Sovyet (kini Rusia). Peristiwa ini kemudian mengawali eksplorasi ruang angkasa dari banyak negara. Sedangkan tanggal 10 Oktober 1967 dipilih karena adanya penandatanganan “Treaty on Principles Governing the Activites of States in the Exploration and Peaceful Uses of Outer Space, including the Moon and Other Celestial Bodies.” Inti dari perjanjian ini adalah tentang hukum internasional luar angkasa.

Di hari Kamis, 4 Oktober 2018 peringatan Pekan Antariksa Dunia diisi dengan pemaparan pengenalan Pekan Antariksa Dunia (World Space Week) oleh Hairlinda sebagai pemateri yang juga tentor Klub Sains Astronomi Nuris. Selain itu, juga diisi dengan diskusi panel tentang matahari, pengenalan dan pelatihan penggunaan teleskop, serta melakukan pengamatan matahari.

Yang paling menarik dan berkesan adalah peringatan Pekan Antariksa Dunia di hari Senin, 8 Oktober 2018. Di hari tersebut digelar zona baca buku astronomi, majalah dinding tentang astronomi, juga pengamatan matahari menggunakan kaca mata matahari dan teleskop. Acara tersebut terbuka untuk seluruh siswa di lingkungan yayasan Nurul Islam Jember. Di jam istirahat seluruh siswa bisa menikmati gelaran peringatan Pekan Antariksa Dunia tersebut dengan berkunjung ke lapangan upacara yayasan Nurul Islam Jember.

Bahkan pengunjung juga diberi kesempatan untuk praktik melihat matahari menggunakan kaca mata matahari dan juga teleskop secara langsung. Antusias pengunjung sangat tinggi, ratusan siswa Nuris secara bergantian dan tertib satu per satu praktik melihat matahari. “Senang sekali bisa mengamati matahari secara langsung apalagi menggunakan teleskop dan kaca mata matahari sehingga matahari terlihat lebih dekat dengan kita,” kata salah satu siswa yang praktik mengamati matahari.

(baca juga: Astronomi Bukan Hal yang Menakutkan)

Ini merupakan agenda rutin Klub Sains Astronomi Nuris. Sudah dua tahun terakhir ini selalu digelar peringatan Pekan Antariksa Dunia. “Alhamdulilah acara kami dapat berjalan dengan lancar. Semoga dapat menambah pengetahuan teman-teman tentang Astronomi. Semoga peringan Pekan Antariksa Dunia kembali bisa dilaksanakan tahun depan,” kata Fajri, salah satu anggota Klub Sains Astronomi Nuris. Klub Sains Astronomi Nuris akan selalu berusaha melakukan kegiatan-kegiatan positif demi kemajuan bidang Astronomi di Nuris. (Red/Yuv)

Related Post