Juara 1 Poster Nasional di UGM Yogyakarta, Terinspirasi dari Keprihatinan Remaja atas Bahaya Narkoba

Berkat Imajinasi dan Kaya Bacaan, Menginspirasi Siswa SMA Nuris Jember mendesain poster hingga juara nasional di UGM Yoyakarta

Pesantren Nuris – Muhammad Syariful Umam, siswa kelas XI IPA 1 SMA Nuris Jember, membuat catatan prestasi gemilang di kancah nasional. Setelah bulan lalu meraih juara 2 lomba poster nasional di Universitas Jambi dalam ajang Techfest, pada hari Sabtu, 27 Oktober 2018 kemarin, putra pasangan dari Bapak Faiqul dan Ibu Halimatus Sya’diyah ini mampu meraih juara 1 poster di ajang Kurkumin di Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Capaian prestasi fantastis ini tidak digapai dengan mudah. Pasalnya, kontestasi kreativitas poster yang dipersiapkan butuh waktu cukup panjang. Sekitar bulan Juli 2018 lalu, Umam sapaan akrabnya, telah berpikir keras mendesain ide kreatif sehingga menjadi poster yang memiliki pesan konstruktif seputar bahaya narkoba di kalangan pelajar.

(baca juga: Miliki Kreativitas Tinggi, Siswa SMA Nuris Jember Ini Juara Desain Nasional)

Sesuai tema lomba yang ditawarkan oleh panitia yakni, “Merdeka dari Narkoba, Selamatkan Generasi Bangsa”. Akhirnya, pemuda kelahiran Jember, 04 Juni 2002 ini mencetuskan judul posternya menjadi “Gelas Kaca”. “Judul poster saya ini sarat dengan makna, jadi tidak asal ngasi nama. Penyampaian pesan moralnya juga menggunakan metode traffic light, setiap komponen warna ada makna tertentu. Saya yakin ini menjadi kekuatan karya saya sehingga bisa tembus juara 1 di UGM.” Pukasnya.

Menurut keterangan Umam, poster “Gelas Kaca” memiliki kepanjangan Generasi Elit Bebas Narkoba dan Antikecanduan. “Tidak sekedar singkatan saja, “Gelas Kaca” memiliki filosofi yang tembus pandang tentang bagaimana pengidap narkoba akan terawang dan terlihat jelas dampaknya bagi kesehatan dan masa depannya. Benda tersebut juga mudah pecah dan rentan.” Tegasnya.

“Semua terinspirasi dari apa yang saya baca dan pengalaman saya atas keprihatianan akan bahaya narkoba yang pelik. Saya berusaha mengimajinasikan ide saya untuk menyampaikan pesan konstruktif tentang bagaimana super bahayanya narkoba bagi kehidupan bangsa jika generasinya penyakitan melalui poster. Dan alhamdulillah dapat apresiasi dalam lomba di UGM dan masuk babak final.”

(baca juga: Dua Siswa Cerdas SMA Nuris Jember Ini, Ciptakan Ice Cream sebagai Obat Hipertensi dan Raih Juara Umum KTI Se-Jatim)

Panitia Kurkumin Fakultas Farmasi, UGM Yogyakarta mengumumkan 3 peserta poster terbaik pada hari Jumat, 05 Oktober 2018. Setelah pengumuman itu, siswa kreatif asal Wringin Agung, Jombang, Jember ini langsung bergegas mempersiapkan materi presentasinya sebaik mungkin. Berkat pembinaan dalam ekstrakurikuler sains bidang desain, hingga akhirnya Umam mampu tampil memukau dan memenangkan lomba poster nasional tersebut.

“Bangga sekali atas prestasi ini. Semoga ini terus memacu saya untuk menggapai cita-cita sebagai ahli IT di masa depan. Meski saya menang di UGM, tapi saya sangat ingin kuliah di ITS Surabaya. Mohon doa dan dukungan Bapak dan Ibu guru soal cita-cita saya tersebut.”

Atas prestasi ini, Umam berhak atas tropi nasional, piagam juara 1, dan uang pembinaan sebesar Rp1.500.000,00 yang diserahkan langsung oleh Hardika Aditama, M.Sc., Apt., Perwakilan Badan Narkoba dan Narkotika (BNN), dan Bu Triana Hertiani, S.Si., M.Si., Apt. Dr.. Peraih juara lainnya lomba poster tersebut yakni, Humaerah F., sebagai juara 2 asal MAN 1 Kolaka, Sulawesi Tenggara; Alphina Safetiara sebagai juara 3 asal SMAN 1 Maja, Jawa Barat.[AF.Red]

(Link instagram panitia Dies Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta: https://www.instagram.com/p/Bpb7KoqHMRu/?taken-by=dies72faugm)

poster karya Muhammad Syariful Umam

 

Related Post