Pertama Menulis, Resensi Elok Dwi Sofyaningrum Dinilai Manneke Budiman Raih Juara Nasional

Pertama Menulis, Resensi Elok Dwi Sofyaningrum Dinilai Manneke Budiman Raih Juara Nasional

Pesantren Nuris – Kejutan terjadi kepada salah satu siswa kelas X TKJ Axioo SMK Nuris Jember. Karya tulis resensi pertama yang dibuat Elok Dwi Sofyaningrum mampu memukau dewan juri nasional seperti Manneke Budiman. Dia mampu masuk dalam jajaran karya resensi terbaik, juara harapan 3 kategori umum tingkat nasional pada lomba yang diselenggarakan oleh LPDP Universitas Indonesia, Jakarta (24/09/2018).

“Awalnya tidak menyangka waktu dipanggil ke kantor penjamin mutu siswa siang itu. Ternyata saya diberi tahu bahwa karya resensi saya masuk juara harapan 3. Ini pengalaman pertama yang membanggakan.” Tutur gadis cerdas ini.

Lomba menulis ini telah dibidik Manajemen Ekskul Nonsains (Penjamin Mutu Siswa) sejak mendapat informasi lomba LDPD Universitas Indonesia pada Juli 2018. Dengan persiapan dan pembinaan yang telah dilakukan dalam ekskul Penulisan Kreatif Sastra, akhirnya karya terbaik siswa yang berminat mengikuti lomba tersebut terhimpun dan dikirim melalui pos tertanggal 31 Agustus 2018.

(baca juga: Apresiasi Seno Gumira Ajidarma, Cerpen Ayu Novita Sari Juara Nasional LPDP Universitas Indonesia)

Pengumuman pemenang lomba menulis nasional ini didapatkan melalui akun instagram resmi panitia, LPDP Universitas Indonesia, dinyatakan bahwa Elok Dwi Sofyaningrum, peraih juara harapan 3 resensi tersebut. Para juara lainnya yakni, Amanatia Junda sebagai juara 1 dengan judul resensi “Laut Bercerita dan Unsur Jurnalisme dalam Fiksi”, Akhirul Insan sebagai juara 2 dengan judul resensi “Feminisme dalam Novel ‘Drupadi’”, Rizky Aulia sebagai juara 3 dengan judul resensi “Resensi ‘Studi dan Teori Hubungan Internasional’”.

Nama pemenang lainnya dalam lomba tersebut, Nia Daniati sebagai juara harapan 1 dengan judul resensi “Menguak Realita Lain Manusia: Cerita Cinta LGBT”, dan peraih juara harapan 2 adalah Mustika Ayu Rakhadiyanti dengan judul resensi “Sumber Informasi Naskah-naskah Melayu Koleksi Von De Wall di Indonesia”.

(baca juga: Juara 1 Puisi Islami, Putri Satpam PTPN Garahan Kidul Ini Banggakan SMK Nuris Jember)

“Berkat pembinaan kurang lebih 2 pekan bersama Pak Syujai, guru bahasa Indonesia di SMK Nuris Jember sekaligus Pembina ekskul, akhirnya resensi berjudul “Belajar Menulis dengan Belajar Mencintai Kambing” mampu meraih juara harapan 3. Pesertanya banyak yang mahasiswa, kayaknya hanya saya yang dari siswa. Bersyukur sekali bisa juara meski masih rapana saja.” Ungkapnya.

Kepala SMK Nuris Jember juga menyatakan, “Bangga sekali dengan prestasi siswa kami. Anak didik kami meski diutamakan bidang vokasinya, Alhamdulillah masih bisa bersaing juga dalam karya literasi. Ini bukti jika SMK Nuris Jember mampu membina anak didiknya berprestasi nasional dengan bantuan pembinaan bakat-minat di kegiatan ekstrakurikuler.”[AF.Red]

plat pengumuman juara resensi dari LPDP Universitas Indonesia, Jakarta

Related Post