Sinau Desain Bareng AIS Jember dan IPNU-IPPNU, Redaksi Majalah Nuris Makin Kreatif dan Berkualitas

Pesantren Nuris– Redaksi Majalah Nuris selalu berusaha untuk meningkatkan kualitasnya, baik dari segi tulisan maupun tampilannya. Banyak cara yang dilakukan oleh redaksi majalah tersebut untuk bisa tampil maksimal. Selain menyelenggarakan seminar dengan mendatangkan tokoh-tokoh hebat sebelum proses penulisan, redaksi Majalah Nuris juga mengikuti pelatihan layout dan desain bersama AIS (Arus Informasi Santri) Jember dan IPNU-IPPNU.

Acara pelatihan tersebut terangkum dalam sebuah gelaran yang diberi nama “Sinau Desain Bareng Dulur-dulur AIS Jember dan IPNU-IPPNU.” Sinau desain ini digelar di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung, Sabtu lalu (29/9/2019). Redaksi Majalah Nuris mengikutinya dengan sangat antusias. “Kami akan memanfaatkan kegiatan pelatihan ini dengan baik karena dapat menambah wawasan kami dalam bidang desain. Dengan memiliki kemampuan desain yang baik, kami akan mampu mendesain Majalah Nuris lebih baik lagi,” kata Rina, pemimpin redaksi Majalah Nuris.

(baca juga : Milad Nuris ke-37, Redaksi MN Gelar Foto Kontes)

Yang menarik dari acara ini adalah tiga pematerinya. Sebab dua pematerinya adalah alumni Nuris. Dia adalah A. Fathul Arifin alumni MA Unggulan Nuris lulusan tahun 2015 dan juga Muammar Khadafi alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2016. Satu pemateri lainnya adalah Mahbub Junaidi, pendiri AIS Jember yang juga merupakan mahasiswa IAIN Jember.

Tidak hanya redaksi Majalah Nuris saja yang mengikuti acara “Sinau Desain” ini. Beberapa delegasi dari PMII, IPNU-IPPNU, pesantren seperti Al-Qodiri, NURIS Jember, Assunniyah Kencong, dan santri dari pondok pesantren Ainul Yaqin. Setiap delegasi wajib membawa laptop kemudian pemateri memberikan materi proses tahap awal penggunaan aplikasi Corel Draw dan foto-foto yang awalnya sederhana bisa menarik para pengguna sosial media.

Redaksi Majalah Nuris mengikuti kegiatan ini selama kurang lebih lima jam dengan jeda sholat dhuhur. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah praktik menggunakan Corel Draw seperti apa yang dijelaskan oleh pemateri. “Kami redaksi Majalah Nuris sangat ingin menumbuhkan minat baca santri Nuris, mereka tertarik atau tidak membaca bergantung pada desain yang digunakan. Oleh karena itu, mendesain Majalah Nuris semenarik mungkin merupakan langkah awal bagi kami untuk menumbuhkan minat baca santri Nuris, “ imbuh Dina, pemimpin redaksi Majalah Nuris.

(baca juga : Proses Editing Majalah Nuris Edisi 13, Nantikan Launchingnya)

Majalah Nuris edisi 14 akan segera terbit dengan tema “Dakwah Via Media Sosial”. Saat ini majalah tersebut  sedang dalam tahap penyusunan dan rencananya akan diterbitkan pada bulan Desember mendatang. (red/Yuv)

Related Post