Water Rocket Buatan Siswa MTs Unggulan Nuris, Mengudara dengan Sempurna dan Raih Juara 1 Se-Jatim

Pesantren Nuris-  Bukan santri Nuris apabila tidak memiliki kreativitas yang tinggi. Tidak hanya mahir dalam bidang Alquran, santri Nuris juga mahir membuat dan mengoperasikan roket air. Baru-baru ini siswa MTs Unggulan Nuris berhasil gondola juara 1 ajang Water Rocket Competition 2018 (27/20/2018).

Hilman Faidul Umam, Fayyadh Rohman, dan M. Iqro Fani yang merupakan tim water rocket MTs Unggulan Nuris berhasil dapatkan juara 1 ajang Physic Carnaval kategori water rocket competition se-Jawa Timur. Ajang ini diadakan oleh FMIPA Fisika Universitas Jember dan diikuti oleh siswa SMP sederajat se-Provinsi Jawa Timur.

(baca juga: Tahun Baru Hijriah, MTs Unggulan Nuris Monopoli Piala Bahana Muharam 2018)

Kompetisi water rocket ini begitu menarik, sebab peserta tidak hanya meluncurkan rocketnya tetapi juga harus mengikuti tes tulis dengan mengerjakan soal Gerak Lurus Beraturan (GLB), Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB), jarak, kecepatan, dan lain-lain. Di tahap satu aspek yang dinilai adalah peluncuran water rocket.

Pada tahap tersebut, peserta berkompetisi untuk meluncurkan rocketnya. Yang menjadi aspek penilaian di tahap tersebut adalah sampai seberapa jauh rocket mengudara. Roket jatuh di lintasan atau zona ke berapa. Semakin jauh lintasan nilainya akan semakin bagus. Di tahap satu, water rocket MTs Unggulan Nuris mampu mengudara hingga zona 1 dan berhasil mendapat 60 point. Nilai tes tulis ketiga siswa MTs Unggulan Nuris sangat bagus yaitu 150 point. Hasil akhir merupakan akumulasi antara peluncuran water rocket dan tes tulis.

Dalam kompetisi water rocket tersebut, tiga siswa MTs Unggulan Nuris harus membuat 2 rocket peluncuran dan 1 rocket kreatif. Rocket yang dibuat juga harus memenuhi spesifikasi yaitu panjangnya tidak boleh lebih dari 52 cm dan beratnya tidak boleh lebih dari 300 gram. Kurang lebih 30 hari waktu yang dibutuhkan untuk merakit water rocket dan mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi tersebut. Usaha yang mereka lakukan tidak sia-sia, hingga akhirnya mereka tampil sebagai juara 1. “Alhamdulilah, kami bisa mendapat juara 1. Kami tidak menyangka, akhirnya usaha kami selama kurang lebih sebulan tidak sia-sia. Kami akan terus mengembangkan bakat kami dan mengharumkan MTs Unggulan Nuris,”kata ketiga siswa tersebut dengan semangat.

MTs Unggulan Nuris berhasil bersaing dengan sekolah lainnya se-Jawa Timur. Siswa madrasah Tsanawiyah tersebut berhasil mengalahkan SMP Negeri 7 Jember sebagai juara 2 dan SMP Al-Furqon sebagai juara 3. Atas kemenangan tersebut, tim water rocket MTs Unggulan Nuris berhasil membawa pulang piala, tropi, dan uang pembinaan.

(baca juga: Banjir Juara untuk MTs Unggulan Nuris Ajang MIC 2018)

“Saya bangga dengan siswa MTs Unggulan Nuris. Selain mahir di bidang agama mereka juga mahir di bidang sains. Kami akan terus melakukan pengembangan ekstrakurikuler baik sains, nonsains, maupun bahasa, dan kitab. Semoga ke depan semakin banyak prestasi yang diraih oleh MTs Unggulan Nuris. (Red/Yuv)

Related Post