Lolos Babak Final, Hafizah SMA Nuris Jember ini Presentasi Ceris Nasional di Bandung

Angkat Kebudayaan dan Filosofi Aceh, Ceris Karya Tasya Lolos ke Babak Final di Bandung

Pesantren Nuris – Tasya Dea Amalia, siswa cerdas kelas XII IPA 1 SMA Nuris Jember, berkesempatan mempresentasikan karya ceris (Cerita Remaja Islami) di Grand Pasundan Convention Hotel, Bandung pada hari Sabtu, 08 Desember 2018. Kesempatan ini dia dapatkan setelah melalui seleksi karya ceris nasional yang diselenggarakan olek Kementerian Agama Republik Indonesia, Bidang Pendidikan Islam sejak bulan September 2018 lalu.

Ceris berjudul “Geumaseeh Papa, Seutia Matee” karya Tasya, sapaan akrab gadis yang juga dikenal hafal 10 juz Alquran ini mampu masuk 6 karya terbaik pilihan panitia Pendidikan Islam,  Kemenag RI. Pengumuman 6 karya terbaik dirilis pada hari Selasa, 27 November 2018 lalu. Sekaligus para finalis mendapat undangan resmi untuk mempresentasikan karya cerisnya ke hadapan dewan juri pada hari Sabtu, 08 Desember 2018.

(baca juga: Dari Triyanto Triwikromo hingga Juara Sayembara Cerpen Mitologi Nasional di Semarang)

Finalis lomba ceris tersebut yakni, Aldini Pratiwi dari SMAN 2 Gowa, Kabupaten Gowa; Arista Fitria Sabrina dari SMAN 2 Depok; I’ir Hikmatul Choiro dari SMAN 1 Krembung Sidoarjo; Qomariyah dari SMAN Palembang; Tasya Dea Amalia dari SMA Nuris Jember; dan Yamsyina Hawnan dari SMA-IT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh.

“Senang sekali mendapat informasi dari Pak Faizal, Kepala Ekskul Nonsains Nuris, bahwa saya lolos ke babak final. Ini impian saya, akhirnya bisa berkompetisi sejauh ini di tingkat nasional. Semoga diberi kelancaran dan membawa berkah.” Ungkap Tasya.

(baca juga: Juara 1 Poster Nasional di UGM Yogyakarta, Terinspirasi dari Keprihatinan Remaja atas Bahaya Narkoba)

“Butuh waktu sekitar 2 minggu saya mengerjakan ceris ini. Bergelut dengan buku, waktu, dan setiap kesempatan yang ada saya terus menulis di bawah pembinaan mas Ibnu. Akhirnya, saya berhasil dan bangga sekali bisa mengharumkan nama SMA Nuris Jember di kancah nasional.” Imbuhnya.

Achmad Faizal, Kepala Ekskul Nonsains menuturkan, “Ini capaian prestasi terbaik di bidang literasi bagi SMA Nuris Jember. Kompetisi yang diinisiasi oleh Pendis Kemenag RI ini memang rutin dan penuh kejutan. Alhamdulillah, akhirnya Tasya berpeluang membawa piala dan kebanggaan untuk Pesantren Nuris Jember umumnya.”[AF.Red]

(pengumuman resmi dari Pendis Kemenag RI: PengumumanCerisKir2018)

Related Post