Prosesi Wisuda Santri Nuris ke-3 Tahun 2018 Gelombang 1, Singkap Kebanggaan dan Haru Wali Santri

Pesantren Nuris– Jelang liburan semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019, Pesantren Nuris Jember gelar wisuda santri. Wisuda santri Nuris dibagi ke dalam dua gelombang, yakni gelombang satu yang dilaksanakan Senin, 10 Desember 2018 dan gelombang kedua yang dilaksanakan Selasa, 11 Desember 2018. Wisuda gelombang pertama untuk santri yang termasuk dalam lembaga SMA, SMK, dan SMP Nuris Jember. Sedangkan, wisuda gelombang untuk santri di lembaga MA dan MTs Unggulan Nuris.

Wisuda gelombang pertama berlangsung khidmat di masjid Baitun Nur, Senin pagi (10/12/2018). Kurang lebih 253 santri diwisuda pada wisuda santri Nuris gelombang pertama ini. Tiga santri hafal Alquran dan 250 santri hafal kitab kuning (Aqidatul Awam, Nahwu Dasar, Jurmiyah, Imrithi, Alfiyah, Amtsilah Tashrifiyah, Taqrib, dan Fathul Qarib). Rinciannya adalah 108 santri dari SMA Nuris Jember, 45 santri asal SMK Nuris Jember, dan 100 santri asal SMP Nuris Jember.

Wisudawan hafidz Alquran dikelompokkan menjadi hafidz Alquran 5 juz, 10 juz, dan 15 juz. Wisudawan kitab kuning dikelompokkan menjadi enam paket kitab kuning. Paket 2 kitab kuning untuk wisudawan hafal kitab Aqidatul Awam dan Fiqh Ibadah, paket 3 kitab kuning untuk wisudawan yang hafal Nahwu Dasar (Jurumiyah, Imrithi, dan Taqrib), dan paket 4 kitab kuning untuk wisudawan yang hafal kitab Aqidatul Awam,  Nahwu Dasar, Jumiyah, dan Amstsilah Tashrifiyah.

Paket 5 Kitab kuning untuk wisudawan yang hafal kitab Nahwu Dasar,  Jurmiyah, Imrithi, Amtsilah Tashrifiyah, dan  Taaqirb. Paket 6 kitab kuning untuk wisudawan yang hafal kitab Aqidatul Awam, Nahwu Dasar, Jurmiyah, Imrithi, Amtsilah Tashrifiyah, dan Taqrib. Sedangkan paket 8 kitab kuning  untuk wisudawan yang hafal kitab Aqidatul Awam, Nahwu Dasar, Jurmiyah, Imrithi, Alfiyah, Amtsilah Tashrifiyah, Taqrib, dan Fathul Qarib.

Rincian wisudawan SMA Nuris Jember adalah 2 santri dinyatakan hafal 5 juz dan 1 santri hafal 10 juz. Sedangkan jumlah wisudawan paket 2 kitab kuning adalah 86 santri dan 13 santri paket 5 kitab kuning. Sedangkan rincian wisudawan SMK Nuris Jember adalah 40 santri untuk paket 2 kitab kuning dan 5 santri untuk paket 5 kitab kuning. Berbeda dengan SMP Nuris Jember, rinciannya adalah 96 santri lulus paket 2 kitab kuning dan 4 santri paket 5 kitab kuning.

(baca juga: Kelas Axioo SMK Nuris Jember, Pastikan Diri Dapatkan Sertifikat ACP)

Dilaksanakannya prosesi wisuda tersebut merupakan wujud apresiasi Pesantren Nuris Jember kepada santri yang sudah hafal kitab dan juga tahfidzul Quran. Prosesi wisuda berlangsung begitu khidmat. Total 253 santri diwisuda langsung oleh Gus Robuth Qoshidi, Lc., pengasuh Pesantren Nuris Jember. Beliau juga didampingi oleh majelis pengasuh yaitu Gus Abdurrahman Fathoni, Gus Rahmatullah Rijal, Ning Lailatul Happy Dian, Ning Balqis Al-Humairo, dan Ning Hasanatul Kholidia yang terlihat begitu bersahaja dan berdedikasi di hadapan para wisudawan.

“Alhamdulilah, sekitar  253 santri Nuris telah diwisuda di gelombang pertama ini dan mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.  Saya ucapkan selamat kepada seluruh wisudawan. Semoga mereka mampu mengamalkan ilmunya dengan baik,” tutur Gus Robith. “Semoga pelaksanaan wisuda gelombang kedua besok, 11 Desember 2018 dapat berjalan lancar,” imbuhnya.

Prosesi wisuda santri Nuris ini, dihadiri oleh seluruh wali santri. Tidak sedikit wali santri yang bangga dan terharu atas capaian prestasi putra-putrinya. “Alhamdulilah, saya bangga sekali dan berterima kasih kepada Pesantren Nuris. Sebab, putra-putri kami telah lulus hafalan kitab dan termasuk dalam jajaran santri yang dipindahkan tali toganya oleh Gus Robith Qoshidi, Lc. Semoga ilmu yang mereka dapatkan bermanfaat,” ujar salah satu wali santri.

(baca juga: Suara Merdu, Fashohah Sempurna, Hantarkan Siti Khofifatul Azizah Rebut Juara Tahfiz Se-Jawa Timur)

Dalam prosesi wisuda tersebut juga ditayangkan video prestasi yang menceritakan rekam jejak prestasi santri Nuris. Selain itu, juga ditampilkan video perjalanan ekstrakurikuler sains (M-Sains), ekstrakurikuler nonsains (M-talent), dan ekstrakurikuler bahasa (M-Language Communication) yang mampu mengantar santri Nuris menjadi santri yang berprestasi. Kegiatan wisuda santri ini diakhiri dengan tausiyah dan doa  oleh Syaikhul Ma’had Pesantren Nuris Jember KH. Muhyidin Abdhussomad. (red/Yuv)

 

 

 

Related Post