Wisuda Santri Nuris ke-3 Gelombang Dua, Luluskan Hafiz Unggul dan Mahir Kitab Kuning

Pesantren Nuris– Prosesi wisuda santri Nuris gelombang 2 berlangsung khidmat. Tiga ratus delapan belas santri diwisuda. Wisuda gelombang kedua ini, terdiri dari santri asal lembaga MTs dan MA Unggulan Nuris. Masjid Baitun Nur Pesantren Nuris Jember merupakan tempat prosesi wisuda berlangsung (11/12/2018).

Wisudawan terdiri dari wisudawan hafidzul Alquran dan juga wisudawan hafal kitab. Rincian 318 wisudawan tersebut terdiri dari 98 asal lembaga MA Unggulan Nuris dan 220 asal lembaga MTs Unggulan Nuris. Enam santri MA Unggulan Nuris dinyatakan lulus hafidzul Alquran dengan rincian 4 siswa hafidzul Alquran 5 juz, 1 hafidzul Alquran 10 juz, dan 1 hafidzul Alquran 15 juz. Sedangkan jumlah wisudawan paket kitab adalah 92.

(baca juga: Prosesi Wisuda Santri Nuris 2018/2019 Gelombang Pertama, 253 Santri Diwisuda)

Sembilan puluh dua wisudawan tersebut dengan rincian, 69 wisudawan paket 5 (Nahwu Dasar,  Jurmiyah, Imrithi, Amtsilah Tashrifiyah, dan  Taqrib) dan 23 wisudawan paket 8 (Aqidatul Awam, Nahwu Dasar, Jurmiyah, Imrithi, Alfiyah, Amtsilah Tashrifiyah, Taqrib, dan Fathul Qarib). Sedangkan untuk lembaga MTs Unggulan Nuris, 220 santri wisuda paket kitab. Rinciannya adalah 95 wisudawan paket 4 (Aqidatul Awam,  Nahwu Dasar, Jumiyah, dan Amstsilah Tashrifiyah) dan 125 paket 6 (Aqidatul Awam, Nahwu Dasar, Jurmiyah, Imrithi, Amtsilah Tashrifiyah, dan Taqrib).

Wisudawan hafidz Alquran dikelompokkan menjadi hafidz Alquran 5 juz, 10 juz, dan 15 juz. Sedangkan, wisudawan kitab kuning dikelompokkan menjadi enam paket yakni, paket 2,3,4,5,6, dan paket 8. Paket 2 untuk wisudawan hafal kitab Aqidatul Awam dan Fiqh Ibadah, paket 3 untuk wisudawan yang hafal Nahwu Dasar (Jurumiyah, Imrithi, dan Taqrib), dan paket 4 untuk wisudawan yang hafal kitab Aqidatul Awam,  Nahwu Dasar, Jumiyah, dan Amstsilah Tashrifiyah.

Paket 5 untuk wisudawan yang hafal kitab Nahwu Dasar,  Jurmiyah, Imrithi, Amtsilah Tashrifiyah, dan  Taqrib. Paket 6 untuk wisudawan yang hafal kitab Aqidatul Awam, Nahwu Dasar, Jurmiyah, Imrithi, Amtsilah Tashrifiyah, dan Taqrib. Sedangkan paket 8 untuk wisudawan yang hafal kitab Aqidatul Awam, Nahwu Dasar, Jurmiyah, Imrithi, Alfiyah, Amtsilah Tashrifiyah, Taqrib, dan Fathul Qarib.

Prosesi wisuda berlangsung khidmat. Gus Robith Qoshidi, Lc., pengasuh Pesantren Nuris Jember memindahkan tali toga masing-masing wisudawan. Beliau didampingi istri, Ning Lailatul Happy Dian dan juga jajaran majelis pengasuh yang lain. Gus Abdurrahman Fathoni, Gus Rahmatul Rizal, Ning Balqis Al-Humairo, dan Ning Khasanatul Khalidia berdiri di depan wisudawan dengan penuh wibawa. “Alhamdulilah prosesi wisuda gelombang dua sudah berakhir. Wisuda kali ini diikuti oleh santri asal MTs dan MA Unggulan Nuris. Ratusan santri sudah diwisuda, semoga ilmu yang mereka dapatkan bermanfaat,” pungkas Gus Robith.

(baca juga: Khidmatnya Prosesi Wisuda Gelombang Pertama Santri Pesanten Nuris Jember)

Acara berlangsung lancar dari awal hingga akhir. Prosesi wisuda juga dihadiri oleh seluruh wali santri. Mereka nampak terharu dan bangga dengan capaian putra-putrinya. Video capaian prestasi siswa juga ditayangkan. Tak lupa video kegiatan siswa di ekstrakurikuler sains, nonsains, dan bahasa juga menyedot perhatian wali santri. (red/Yuv)

Related Post