Kalahkan Ratusan Peserta, Dua Siswa SMA Nuris Jember Juara Olimpiade Ekonomi se-Jember

Pesantren Nuris–  SMA Nuris Jember kembali torehkan prestasi baru. Kali ini Madrasah Sains Nuris bidang Ekonomi kembali berprestasi. Elina Trihapsari dan Faradila Julia Dewi anggota M-Sains bidang Ekonomi berhasil meraih juara harapan 3 dalam Olimpiade Ekonomi tingkat Kabupaten Jember yang diselenggarakan oleh MGMP Ekonomi Jember (23/02/2019). Olimpiade tersebut diselenggarakan di SMA Muhammadyah 3 Jember.

(baca juga: Bersaing Ketat dengan SMA Negeri 1 Jember, Dua Siswa SMA Nuris Sabet Juara Olimpiade Matematika Se-Jember)

Persaingan dalam kompetisi Ekonomi ini ketat sekali. Kurang lebih 185 tim dan masing-masing tim terdiri dari 2 anggota bersaing ketat. Olimpiade Ekonomi yang diselenggarakan oleh MGMP Ekonomi Kabupaten Jember ini terdiri dari dua babak. Babak penyisihan dilaksanakan dalam bentuk mengerjakan 40 soal pilihan ganda dalam waktu 120 menit. Diambil 10 tim dengan nilai tertinggi di babak penyisihan untuk berlanjut ke babak final.

Babak final dilaksanakan dalam dengan mengerjakan 10 soal essay dalam waktu 15 menit. Kompetesi ini pasti membutuhkan kerja keras. Pasalnya kedua siswa SMA Nuris Jember ini harus menciptakan kerjasama yang baik. “Dalam kompetisi Ekonomi ini, kami harus pandai bekerjasama. Sistem pengerjaan soal kami bagi sesuai dengan kemampuan. Misalnya Faradila lebih menguasai soal hitungan, maka dia mengerjakan soal hitungan. Saya lebih menguasai soal pengetahuan, maka saya yang mengerjakan soal pengetahuan. Alhamdulillah kerja sama yang telah kami lakukan berbuah manis,” ungkap Elina dengan tenang.

Tim Ekonomi SMA Nuris Jember bisa bersaing dengan SMA lainnya se-Kabupaten Jember. MAN 1 Jember tampil sebagai juara 1, SMA Negeri 2 Jember tampil sebagai juara 2, SMA Negeri 1 Jember tampil sebagai juara 3 dan harapan 1. SMAK Santo Paulus tampil sebagai juara harapan 2. Butuh waktu kurang lebih satu minggu bagi dua siswa SMA Nuris Jember tersebut untuk mempersiapkan lomba tersebut. Setiap hari keduanya berlatih dengan mengerjakan soal-soal Ekonomi. Kurang lebih 150 soal mereka kerjakan setiap harinya.

(baca juga: 2 Siswa Nuris Taklukkan Ajang Olimpiade Matematika SNF 2019 tingkat Jawa Timur)

Raihan prestasi dua siswa SMA Nuris Jember ini tambah piala SMA Nuris Jember. Puluhan piala berhasil dikantongi sekolah tersebut. “Alhamdulilah, siswa kami bisa meraih juara harapan 2. Mereka bisa bersaing dengan MAN 1 Jember, SMA Negeri 2 Jember, SMA Negeri 1 Jember, SMAK Santo Paulus, dan beberapa sekolah bonafit lainnya,” ungkap Diana, waka kurikulum SMA Nuris Jember. “Semoga prestasi kami ke depan semakin meningkat dan siap mengharumkan SMA Nuris Jember,” tambah Elina.  (red/Yuv)

Related Post