Siswa SMK Nuris Jember Juara 3 News Reading Se-Jatim di Pasuruan

Pesantren Nuris– Untuk pertama kalinya siswa SMK Nuris Jember tampil sebagai juara ajang news reading. Naura Yasmin, siswa kelas X TKJ (Teknik Komputer Jaringan) Sekolah Kejuruan tersebut berhasil meraih juara 3 News Reading Contest se-Jawa Timur di STKIP PGRI Pasuruan (21/02/2019).

Dalam ajang tersebut, Naura harus bersaing dengan ratusan peserta lainnya yang berasal dari beberapa SMA sederajat lainnya yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur. Ajang News Reading ini terdiri dari dua babak. Di babak pertama atau penyisihan, Naura harus membacakan tiga berita dengan topik yang berbeda. Tiga berita yang dibacakannya di babak penyisihan bertema politik, kesehatan, dan ekonomi.

(baca juga: Lalui Pertarungan Sengit, SMK Nuris Jember Berhasil Dapatkan Juara 2 Teknik Cup 2018 se-Keresidenan Besuki Lumajang Probolinggo.)

Dari babak penyisihan diambil lima peserta terbaik dengan nilai tertinggi untuk berlanjut ke babak final. Naura menjadi salah satu peserta terbaik di babak penyisihan dan berlanjut ke babak final. Di babak final, peserta diminta untuk mendengarkan atau listening tiga berita kemudian membuat ringkasannya. Hasil ringkasan dibacakan kembali oleh masing-masing peserta.

Tak disangka, siswa SMK Nuris Jember tersebut berhasil meraih juara 3 dan berhasil bersaing dengan dua siswa MAN 2 Ponorogo yaitu Avida Alifiatul Ma’rifat asal peraih juara 1 dan Nurul Mikaromah peraih juara 2. Naura harus mempersiapkan banyak hal untuk mempersiapkan kompetisi tersebut, mulai dari pronounce, cara agar penonton tertarik saat mendengar berita, sikap saat membaca berita, intonasi saat membaca berita, ekspresi, cara meresume berita, dan beberapa hal lainnya.

Kerja kerasnya seakan terbayar berkat raihan prestasinya tersebut. “Alhamdulilah dan tidak menyangka sekali bisa meraih juara 3 news reading contest ini. Awalnya saya merasa pesimis karena lawannya tergolong berat.  Senang sekali bisa membanggakan SMK Nuris Jember. Semoga SMK Nuris Jember semakin kaya dengan prestasi, “ujar Naura.

(baca juga: Kelas Axioo SMK Nuris Jember, Pastikan Diri Dapatkan Sertifikat ACP)

Kurang lebih dua minggu waktu yang dibutuhkan Naura untuk berlatih mempersiapkan lomba tersebut. Keberhasilan ini tidak dapat dilepaskan dari peran Septian Yuwandis, selaku tentor Public Speaking  yang juga guru bahasa Inggris di SMA Nuris Jember. “Alhamdulilah, akhirnya siswa kami bisa bersaing dengan sekolah lainnya dan berhasil meraih juara 3. Kami akan terus bekerja keras demi mengharumkan almamater kami yaitu yayasan Nurul Islam Jember, “tutur Septian. (red/Yuv)

Related Post