Totalitas Ceritakan Legends dan Fairytales, Siswa SMA Nuris Jember Ini Juara Story Telling se-Tapal Kuda

Pesantren Nuris- SMA Nuris Jember semakin dibanjiri piala. Kali ini prestasi datang dari ekstrakurikuler bahasa. Rani Dwi Sherlinafiatul siswa kelas X IPA 1 berhasil meraih juara 1 ajang story telling tingkat SMA sederajat se-Tapal Kuda. Ajang tersebut menjadi rangkaian kegiatan  english festival 2019 yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadyah Jember (3/3/2019).

Kompetisi story telling tersebut terdiri dari dua babak. Di babak penyisihan, siswa diminta untuk mendongeng dengan tema Legends. Masing-masing peserta diberi waktu kurang lebih 7 menit untuk mendongeng. Di babak penyisihan, Rani mendongeng dengan naskah yang berjudul Kebo Iwa. Di babak tersebut, dia berkompetisi dengan siswa SMA sederajat asal beberapa daerah se-Tapal Kuda.

(baca juga: Kalahkan Ratusan Peserta, Dua Siswa SMA Nuris Jember Juara Olimpiade Ekonomi se-Jember)

Mengejutkan, Rani termasuk 10 peserta terbaik dan berkesempatan untuk berlanjut ke babak final. Di babak final, dia diminta untuk mendongeng lagi dengan tema fairytales yang berbeda dengan tema di babak penyisihan. Judul dongeng yang dibacakan Rani di babak final adalah Jack and Beanstalk. Tak disangka, dia berhasil meraih juara 1 dan mengalahkan SMKN 1 Nguling sebagai juara 2, MA Al-Islah sebagai juara 3, dan SMK Nuris Jember sebagai juara 4.

Kurang lebih sepuluh hari waktu yang dibutuhkan oleh gadis alumni SMP Negeri 1 Solo tersebut untuk mempersiapkan kompetisi bergengsi tersebut. Rani mengaku untuk memenangkan kompetisi tersebut dia harus bekerja keras, memahami alur cerita serta karakter tokoh yang terdapat dalam dongeng yang dibacakan. Selama kompetisi berlangsung, dia harus tetap fokus dan berusaha enjoy serta pandai mengambil part yang membuat dewan juri terkesima.

(baca juga: Taklukkan Spectacular Math 2019, Dua Santri Nuris Sabet Piala Provinsi Jatim di Gresik)

Prestasi Rani ini menambah raihan prestasi ekstrakurikuler bahasa. Hingga saat ini prestasi yang berhasil dikantongi ekstrakurikuler bahasa kurang lebih 30 piala. “Alhamdulilah raihan prestasi kami semakin meningkat. Alhamdulilah setiap bulan prestasi kami bertambah,” ungkap Kutwatil Fitriyah, kepala ekstrakurikuler bahasa yayasan Nurul Islam Jember. (red/Yuv)

Related Post