Bermental Leadership, Alumni Nuris Jember Pimpin OMJ, Tetap Ber-IPK Cumalude

Lebih Suka Berorganisasi di Sela Kesibukan Kuliah di Kampus UIN Maliki Malang

Pesantren Nuris – Menjadi insan militan pastilah melekat pada alumni Pesantren Nuris Jember. Betapa tidak, selalu ada saja kegiatan tambahan yang digeluti selain menempuh pendidikan tinggi di kampus impian mereka. Seperti salah satu alumni Nuris ini, di sela kesibukan kuliah di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki), Malang, dia aktif bahkan dipercaya menjadi pucuk pimpinan sebuah organisasi. Siapakah sosok tersebut, monggo lanjutkan membaca!

Menjadi pemimpin organisasi daerah di kota rantauan tentu suatu hal yang sangat menantang dan membanggakan. Tak kan mudah tanggung jawab dan kepercayaan itu diamanahkan. Namun, Muhammad Maymun, lulusan MA Unggulan Nuris tahun 2016 ini mampu menggapainya.

Seraya studi di jurusan Hukum Keluarga Islam, pemuda kelahiran Pamekasan, 03 September 1997 tersebut, juga bergelut dengan kegiatan organisasi daerah (Orda). Sebagai warga Jember (migrasi dari Pamekasan, Madura), Maymun, sapaan akrabnya, merasa peduli dengan keguyuban mahasiswa rantau asal Jember di Kota malang. Dan buah keaktifannya, dia mendapat mandat sebagai ketua umum Organisasi Mahasiswa Jember atau OMJ.

(baca juga: Sulfa Mani Lazim, Alumni Nuris Asal Thailand Jadi Narasumber Seminar Internasional di UIN Syahid Jakarta)

“Keikutsertaan saya di OMJ sebenarnya ingin banyak belajar dan memperkuat jaringan sesama mahasiswa asal Jember yang berada di Malang. Sebagai orang Jember memiliki tanggung jawab memperkenalkan Jember di kota lain. Kami juga bisa berbagi informasi soal apa pun, karier, bisnis, perkuliahan dan banyak yang lainnya.” Ungkap pemuda yang berdomisili di Kaliwates, Jember ini.

“Saya memilih aktif di OMJ selain kesibukan kuliah karena merasa nyaman dan menambah keluarga di sini. Dengan visi yang sama soal mempromosikan keunikan budaya Jember sehingga saya terpilih menjadi ketua umum. Ini kesempatan yang luar biasa, melatih mental leadership, mengungkapkan gagasan, serta pengalaman soal nilai-nilai kehidupan yang lebih luas.”

(baca juga: Pilih PKN STAN, Alumni Nuris Ini Wujudkan Mimpi jadi PNS Kemenkeu)

Meski kesibukan melanda setiap waktunya dengan rutinitas kuliah dan organisasi, Maymun justru semakin menikmati apa yang dijalaninya. Terbukti, dia bisa sukses menjadi pemimpin di OMJ dan tak lupa pula berprestasi di perkuliahannya dengan capaian indeks prestasi kumulatif (IPK) cumlaude yakni, 3,56.

Dia juga berharap terus mengasah potensi dan bakatnya sebaik mungkin selama kuliah di Malang. Bagi Maymun, kuliah bukan hanya tentang duduk di kelas mendengarkan materi dari dosen dan mampu mengerjakan soal ujian, melainkan kemampuan mempraktikkan dalam keseharian dan bijak bersikap, serta kreatif mengamalkan ilmu pengetahuan menjadi manfaat bagi khalayak sekitar.[AF.Red]

Nama              : Muhammad Maymun

Lembaga         : MA Unggulan Nuris, IPA, Lulusan tahun 2016

Kuliah              : UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Prodi Hukum Keluarga Islam

Muhammad Maymun
Related Post