Juara 1 MHQ Nasional Rayon Jatim 2, Santri Nuris Siap Berlaga di Kancah ASEAN

Buah Keistiqomahan, A. Zakariya Hosni, Peserta MHQ Termuda, Harumkan Pesantren Nuris Jember

Pesantren Nuris – A. Zakariya Hosni, siswa kelas IX MTs Unggulan Nuris, meraih juara 1 lomba Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) khusus putra kategori 5 juz tingkat nasional pada hari Ahad, 21 Juli 2019 kemarin. Berkat capaiannya ini, Ari, sapaan akrabnya di Pesantren Nuris Jember, akan berlaga di tingkat ASEAN atau se-Asia Tenggara pada bulan Oktober 2019 mendatang.

Setelah mampu menjawab 3 pertanyaan krusial dari dewan hakim MHQ kategori 5 juz putra, Ari, dinyatakan memiliki nilai total tertinggi yakni, 88 baik dari segi hafalan, tajwid, fashohah, maupun lagu. Dia menyisihkan puluhan peserta dari berbagai kabupaten di rayon Jawa Timur 2 yang ikut terlibat berkompetisi dalam lomba ini di antaranya, Kabupaten Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Lumajang, Probolinggo, dan Pasuruan.

“Ini seleksi MHQ nasional serentak se-Indonesia yang salah satunya diselenggarakan di PP. Maqnaul Ulum, Sukowono Jember sebagai tuan rumah. Model seleksinya pun melihat batas usia sesuai akta kelahiran dan mandat pesantren tahfiz atau lembaga. Alhamdulillah Ari yang masih kelas IX MTs Unggulan Nuris atau usia 14 tahun, menjadi peserta termuda yang juara 1, sebab rentang usia yang boleh ikut mulai usia  14 sampai 21 tahun.” Ungkap Ustad Sayyid Berryl, selaku pendamping MHQ Pesantren Nuris Jember.

(baca juga: Hasil UNBK MTs Unggulan Nuris, Ada yang Raih Nilai Nyaris Sempurna di Empat Mapel)

Sebagai juara 1, Ari berhak mendapat piagam penghargaan, piala, dan uang pembinaan. Peraih juara lainnya di kategori 5 juz putra yakni, peserta dari PP. Assanusiyah, Probolinggo, atas nama Solehuddin sebagai juara 2; sebagai juara 3 diraih oleh Aunan Lana, siswa MA Unggulan Nuris. Namun, yang mendapat tiket berlaga di kancah ASEAN, hanya yang juara 1 yang kabarnya akan dilaksanakan di PP. Darunnajah, Jakarta pada bulan Oktober 2019 mendatang.

“Saya senang sekali bisa juara 1 dan membanggakan almamater MTs Unggulan Nuris khususnya program tahfiz. Alhamdulillah, bulan Oktober 2019 mendatang, saya akan menjalani 2 kompetisi yakni, MTQ tingkat provinsi di Tuban mewakili kafilah Jember, dan MHQ tingkat ASEAN di Jakarta mewakili kafilah Jawa Timur 2. Mohon doa dan dukungannya semoga diberi kelancaran dan bisa memberikan yang terbaik.” Ujar Ari, santri yang memang sejak TK hingga sekarang ditempa di lembaga Nuris tersebut.[AF.Red]

Related Post