Sisihkan Ribuan Peserta, Cerpen Ayu Novita Sari Masuk Antologi Nasional

Ingin Tambah Pengalaman, Ikut kompetisi Umum agar Semakin Terasah dalam Berkarya

Pesantren Nuris – Sivitas akademika Pesantren Nuris Jember turut mengapresiasi dan berbangga, salah satu alumninya mampu berkompetisi dalam ajang kepenulisan cerpen tingkat nasional yang diselenggarakan oleh penerbit kenamaan nasional, Alinea Publishing. Hebatnya lagi, dia bukan sekadar ikut serta, melainkan menjadi salah satu penulis terpilih. Siapakah gerangan? Ayo ikuti liputannya!

Ayu Novita Sari atau dikenal dengan nama beken penanya adalah Ayu Nosa, mengikuti kompetisi kepenulisan cerpen yang diikuti oleh sekitar 2112 peserta, berdasarkan informasi panitia. Pengumpulan karya cerpen bertema “Cinta Pertama” ini bersifat umum dan tingkat nasional berakhir pada tanggal 25 Juli 2019 lalu.

Tepat pada hari Kamis, 01 Agustus 2019, hasil peniliaian juri sudah dapat diketahui peserta tentang pengumuman 50 penulis terbaik yang akan diantologikan karyanya. Di sana ada nama Ayu Nosa, berada di peringkat ke-5 dengan judul karya cerpen Seiris Jejak tentang Sajak.

(baca juga: Ayu Novita Sari: Menulis Itu Prioritas dan Kebutuhan)

Gadis penggila sastra lulusan SMA Nuris Jember tahun 2019 ini sontak bahagia bukan kepalang, di kompetisi cerpen tingkat dewasa pertama dan tentunya sangat menantang ini dapat ditaklukkan. Sebelumnya, dia sudah pernah menjuarai beberapa even lomba cerpen saat masih berstatus siswa seperti, juara 3 lomba menulis dan pembacaan cerpen tingkat provinsi di malang dan juara harapan 1 lomba cerpen tingkat nasional di Universitas Indonesia.

“Saya ingin selalu terasah sehingga lomba bersifat umum dan nasional pun saya ikuti. Karena menulis bukan sekedar teknik dan materi, melainkan juga harus pandai mengolah bacaan dan rajin menulis. Saya juga ingin mengukur sejauh mana tulisan saya bisa berkembang dan diterima oleh masyarakat.” Ungkap gadis asal Banyuwangi tersebut.

“Bangga sekali saya bisa tergabung dengan banyak penulis nusantara keren lainnya. Diterbitkan dengan ISBN bersama mereka adalah suatu kebanggaan tersendiri. Ke depan saya ingin punya buku tunggal karya sendiri.” Imbuhnya.

(baca juga: Apresiasi Seno Gumira Ajidarma, Cerpen Ayu Novita Sari Juara Nasional LPDP Universitas Indonesia)

Meski belum masuk juara 3 besar, Ayu, sapaan akrabnya saat masih aktif di ekskul Penulisan Kreatif Sastra di Nuris, dia tetap bersyukur dan optimis bahwa ini langkah awal dia masuk ke gerbang kepenulisan sastra yang lebih besar. Saat ini, dia sedang melanjutkan studi sarjana di Universitas Jember, Fakultas Ilmu Budaya, Jurusan Sastra Indonesia.[AF.Red]

Nama : Ayu Novita Sari

Lembaga : SMA Nuris Jember, Jurusan IPS, Lulusan Tahun 2019

Kuliah : FIB UNEJ, Jurusan Sastra Indonesia

Foto Ayu Novita Sari
Draft Pengumuman LOmba Cerpen Nasional oleh Alinea Publishing
Related Post