Rotib on The Road, Wisata Religi Keren ala Himmaris Menapaktilas Sejarah Islam

Jalin Kekompakan lewat Kegiatan Kerohanian Khas Santri ala Alumni Nuris di Malang

Pesantren Nuris – Himpunan Mahasiswa Alumni Nuris atau dikenal dengan akronim Himmaris selalu punya cara untuk menjaga solidaritas mereka selama studi sarjana di Malang. Baru-baru ini mereka usai melaksanakan wisata religi keren bertajuk Rotib on The Road pada hari Sabtu, 14 September 2019 lalu. Destinasi yang mereka kunjungi kali ini adalah pusat sejarah Nahdlatul Ulama (NU), Kabupaten Jombang.

Total puluhan santri alumni Pesantren Nuris Jember turut serta dalam kegiatan tahunan tersebut. Dengan memakai jaket atribut Himmaris berwarna kehijauan menunjukkan simbol kesolidan dan kekompakan mereka. Yang paling menonjol adalah sarung dan songkok hitam ala santri–khusus anggota putra–berpadu atribut Himmaris semakin menampakkan jiwa santri berbalut milenialisme kekinian. Begitu pula busana santriwati yang demikian khas.

“Agenda tahunan Himmaris ini sudah kesekian kali kami adakan. Kami laksanakan saat liburan dan sebelum hampir jadwal masuk kuliah sehingga bisa banyak alumni yang ikut. Kami berziarah ke makam Gus Dur, Ponpes Tebu Ireng 1, juga berkunjung ke Museum Islam Nusantara. Ini wisata rohani sekaligus menapaktilas sejaran Islam Nusantara.” Ungkap Muhammad Anggi Tiar, Ketua Umum Himmaris tersebut.

(baca juga: Alumni Nuris Berbagi, Himmaris Beraksi)

Lanjut pemuda kelahiran Bondowoso, 18 November 1997 tersebut, “Visi utama kegiatan Rotib on The Road tersebut yakni mempererat tali silaturrahim antarsesama alumni Nuris yang melanjutkan studi di Malang. Di sela kesibukan kuliah kita, saya berharap kekeluargaan dalam Himmaris terus solid dan tentu bermanfaat dalam menciptakan rasa tanggung jawab sebagai santri.”

Selain kegiatan ini dianggap sebagai wahana refreshing, namun tetap menjaga faedah kegiatan yang semakin memantapkan jiwa santri. Sekitar sehari penuh agenda Rotib on The Road berlangsung dan usai, mereka kembali ke Malang dan bersiap diri melanjutkan kesibukan kuliah masing-masing.

Basis Himmaris di Malang terbilang loyal dan kompak. Mereka memiliki basecamp sendiri dan sangat sigap membantu adik-adik lulusan lembaga di Nuris dalam informasi perkuliahan dan lain-lain. Bagi pengurus Himmaris, saling membantu adalah wujud pengabdian mereka kepada Pesantren Nuris Jember.[AF.Red]

Anggota Himmaris di Museum Islam Nusantara, Jombang
Related Post