Manfaat Yang Terkandung Di Dalam Lidah Buaya

Penulis: M. Risal Rahmatullah*

Aloe Vera, atau biasa di sebut lidah buaya, orang-orang biasanya hanya mengetahui manfaat dari tumbuhan tersebut untuk mempercepat pertumbuhan rambut padahl tumbuhan tersebut memiliki banyak sekali manfaat di bidang kesehatan. Mungkin orang-orang menganggap itu hanya karangan saja, padahal manfaatnya yaitu ada banyak sekali

Di India, aloe vera digunakan untuk mengatasi sembelit, penyakit kulit, cacingan, infeksi dan sebagai obat alami untuk kolik. Sedangkan dalam pengobatan China, aloe vera kerap direkomendasikan dalam pengobatan penyakit jamur. Sementara di dunia Barat, aloe vera digunakan dalam industri kosmetik, farmasi, dan makanan. Bahkan, pembuatan ekstrak lidah buaya adalah salah satu industri botani terbesar di dunia.

Salah satu dari aloe vera yaitu gel yang di peroleh dari sel-sel di tengah daun. Berikut manfaat sekaligus khasiat dari aloe vera atau lidah buaya.

Menyembuhkan ruam dan iritasi kulit
Ada banyak laporan yang telah mengeksplorasi peran pemberian lidah buaya topikal dalam kondisi kulit dan manajemen penyembuhan luka.
Ekstrak lidah buaya dilaporkan mampu memberikan bantuan cepat untuk mengatasi gatal dan terbakar terkait dengan dermatitis radiasi yang parah dan regenerasi kulit.

Mengobati luka bakar
Gel lidah buaya memiliki efek perlindungan terhadap kerusakan radiasi pada kulit.
Ketika gel lidah buaya digunakan pada luka bakar, materialnya mampu mencegah penindasan yang diinduksi oleh sinar UV, sehingga area tersebut dapat sembuh lebih cepat.

(Baca juga: Manfaat Dibalik Tepuk tangan)

Menyembuhkan luka
Aloe vera memiliki sifat antivirus dan anti-inflamasi yang mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan luka basah -atau luka di mulut.

Melembabkan rambut dan kulit kepala
Aloe vera adalah perawatan alami yang bagus untuk rambut kering atau kulit kepala yang gatal. Vitamin dan mineral yang tinggi dari aloe vera membuat rambut kuat dan sehat. Karena memilki sifat antibakteri dan antijamur, lidah buaya dapat membantu mengatasi ketombe.

Mengobati sembelit
Penggunaan aloe lateks sebagai laksatif sudah diteliti dengan baik. Antrakuquinon yang ada di lateks menciptakan pencahar ampuh yang meningkatkan kadar air di usus, dan menstimulasi sekresi lendir.

Membantu sistem pencernaan
Jus lidah buaya dapat membantu pencernaan, menormalkan asam/basa dan keseimbangan pH, mengurangi pembentukan ragi, mendorong bakteri pencernaan, dan mengatur pengolahan usus.

Meningkatkan sistem kekebalan
Tubuh Enzim yang ada di dalam lidah buaya memecah protein yang kita makan menjadi asam amino. Kandungan di dalam lidah buaya merangsang sistem kekebalan tubuh dan membunuh infeksi.

(Baca juga: Lembar Putih Yang Memiliki Banyak Manfaat)

Menurunkan gula darah
Beberapa bukti yang dilakukan pada manusia dan hewan menunjukkan, lidah buaya mampu meredakan hiperglikemia kronis dan propil lipid yang terganggu. Umumnya kondisi ini terjadi pada penderita diabetes, dan merupakan faktor risiko utama untuk komplikasi kardiovaskular.
Itulah manfaat dan khasiat dari tumbuhan lidah buaya aloe vera, manfaat tersebut menurut ilmu kesehatan.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik.



Related Post