Manfaat Belajar Sejarah

Penulis: M. Ulil Albab*

Sebelum menjadi sebuah Negara, Indonesia memiliki sejarah yang sangat hebat. Dimulai dari nusantara yang masih belum berbentuk kerajaan dengan agama kepercayaan masing-masing daerah, kemudian pada abad ke-5 mulai didirikanya kerajaan pertama yaitu kerajaan kutai dengan raja pertamanya yaitu raja Kundungga. Dilanjut dengan masuknya agama hindu-budha melalui jalur perdagangan lalu juga diikuti masuknya agama islam dari Gujarat dan Persia.

(Baca juga: Manfaat Lalat Menurut Kesehatan dan Islam)

Hingga masuknya kolonial barat yang kemudian membagi-bagi daerah nusantara sehingga terbentuklah Indonesia. Dalam pengetahuan sejarah terdapat beberapa manfaat yang bisa membuat sebuah Negara menjadi lebih maju dan membentuk karakter generasi penerus bangsa. Manfaat sejarah adalah sebagai berikut:

1.Seseorang akan sadar bahwa waktu tidak pernah berhenti dari masa ke masa. Dengan sadar akan waktu yang terus berjalan pemuda Indonesia tidak akan menyia-nyiakan waktunya dengan hanya melakukan hal-hal yang tidak berguna. Mereka akan bersungguh-sungguh dalam belajar dan mereka akan sadar bahwa pada generasi mendatang merekalah yang akan memegang Negara Indonesia.

2.Sejarah akan memberikan pelajaran bahwa Negara Indonesia dahulu memiliki masa kejayaan, seperti pada waktu pemerintahan kerajaan Majapahit. Dengan begitu masyarakat Indonesia akan berfikir bahwa jika nenek moyang Negara ini saja bisa menguasai nusantara mengapa generasi penerusnya tidak. Begitupun sebaliknya.

3.Pengetahuan sejarah juga bisa menumbuhkan rasa nasionalisme. Kerajaaan-kerajaan yang pernah berdiri di Indonesia memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mempersatukan nusantara. Tetapi, cara yang digunakanlah yang salah,yaitu dengan cara perebutan wilayah. Dengan hal ini masyarakat Indonesia akan sadar bahwa sebenarnya jauh sebelum terbentuknya Negara ini, nenek moyang mereka memiliki tujuan yang sama yaitu mempersatukan Negara. Jadi tugas mereka selanjutnya adalah mempersatukan Indonesia dengan cara yang lebih baik serta menjaga keutuhan NKRI.

(Baca juga: Manfaat yang Terkandung Di Dalam Lidah Buaya)

3.Setiap Negara memiliki sejarah yang berbeda satu sama lain. Oleh karena itu sejarah bisa digunakan sebagai identiitas suatu bangsa ataupun Negara.

4.Sejarah akan memberikan sumber inspirasi bagi generasi yang akan datang. George Macaulay Travelyan berpendapat bahwa dalam sebuah pendidikan dan usaha penumbuhan cita-cita, pengetahuan mengenai  cita-cita masa lampau merupakan sebuah petunjuk yang sangat penting.

5.Sejarah pun bisa menjadi sebuah narasi atau cerita yang sangat menarik. Karena diangkat dari sebuah kisah nyata yang kemudian dibungkus dengan berbagai gaya bahasa yang memikat. Cerita mengenai sejarah bisa untuk dinikmati semua kalangan masyarakat. Cerita sejarah juga bisa untuk mengembangkan dunia literasi, karena sejarah juga bisa disajikan dalam bentuk cerpen maupun dalam bentuk novel. Dengan begitu para penulis bisa menemukan sebuah cerita dengan mudah melalui sejarah.

6.Manfaat sejarah yang terakhir adalah untuk menjaga seni, budaya, serta tradisi lokal. Sejarah akan memberitahu bahwa bangsa Indonesia memiliki banyak budaya yang tidak kalah menarik dari bangsa lain serta tidak dimiliki bangsa lain.

Sebenarnya manfaat sejarah masih banyak lagi bagi pendidikan dan kemajuan bangsa. Tetapi di sini saya hanya mencantumkan beberapa manfaat pokok dari sejarah saja. Semoga setelah tulisan saya ini pembaca bisa sadar bahwa sejarah memiliki banyak manfaat serta dampak positif yang besar bagi kemajuan bangsa Indonesia.   

Penulis merupakan siswa kelas XI PK MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik .

Related Post