Makna Filosofi Warna Hitam

Penulis: Yosni ayu fz*

Apakah kalian menyukai warna hitam? Yuk kita ulans sedikit tentang makna filosofi warna hitam. Siapa yang tidak tau dengan warna hitam, dalam peradabaan di dunia, warna ini biasanya dianggap sebagai warna  yang menggambarkan sesuatu yang jahat, menakutkan, dan bahkan kematian. Arti kiasan diasumsikan secara negatif, misalnya dalam frase kata” Blackmail”, blacklist atau daftar hitam.

Di sisi lain, hitam merupakan warna yang sangat kuat dan melambangkan kekayaan dan keaggunan. Pakaian stylish sering dirancang dalam warna hitam, mulai dari jas, gaun hitam seksi, hingga pakaian resmi berdasi hitam. Hitam dikombinasikan dengan warna lain dapat memiliki dampak yang sangat kuat.

(Baca juga: Filosofi Payung)

Warna hitam adalah warna yang pas di hampir semua desain. Ini menambah kontras dan membuat warna lain lebih menonjol. Hitam adalah warna yang tersembunyi, misterius dan tidak diketahui. Warna ini menciptakan rasa misteri dan menjaga segala sesuatunya pada dirinya sendiri, tersembunyi dari seluruh dunia.

Dalam psikologi warna, warna hitam berkaitan dengan perlindungan terhadap stres emosional. Ini menciptakan penghalang antara dirinya dan dunia luar. Warna hitam adalah penyerapan semua warna dan tidak adanya semua cahaya. Hitam menyembunyikan sesuatu, sementara putih membawanya ke dalam cahaya. Apa yang disembunyikan hitam, putih membawa kembali.

Dalam psikologi warna, hitam berarti kekuatan dan kontrol. Makna warna hitam dikenal sebagai intimidasi, tidak ramah dan tidak dapat didekati, karena kekuatan yang dipancarkannya.

Warna ini dapat memberi efek untuk mencegah hasrat komunikasi dua arah karena dampak negatifnya. Seorang salesman, yang berpakaian serba hitam, pasti akan menjual banyak, tetapi dia tidak akan memiliki banyak teman. Dia memancarkan otoritas dan kekuasaan, tetapi juga menciptakan ketakutan di sepanjang jalan. Hitam melibatkan kontrol diri dan disiplin, kemandirian serta kemauan yang kuat.

(Baca juga:Filosofi Air)

Warna hitam juga bisa digunakan untuk menyerap energi negatif. Misalnya, ide yang baik untuk membawa sesuatu yang hitam untuk melindungi diri dari bahaya dan negatif, saat bepergian atau ketika Anda pergi ke luar rumah. Warna hitam sering terlihat sebagai warna yang halus ketika digunakan dalam gaun hitam kecil, jas dan dasi. Perempuan yang kaya dan sukses sering memilih warna hitam, karena memberi kesan elegan dan percaya diri.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post