Terinspirasi Gus Robith Qoshidi, Alumni Nuris Tuntaskan Kuliah Sosiologi di Tengah Pandemi

Aktif Penelitian bersama Dosen, Aktivis Organisasi, Punya Kesan Luar Biasa Belajar Sosiologi

Pesantren Nuris – Alumni Nuris yang satu ini termotivasi oleh Gus Robith Qoshidi, selaku Pengasuh Pesantren Nuris Jember, sehingga memilih jurusan sosiologi sebagai pilihan studi sarjananya. Dari situ, petualangan studi sarjana dimulai di Universitas Jember (UNEJ) dengan kesan yang luar biasa berkat keaktivannya saat kuliah. Bagaimana kisah menariknya? Yuks kepoin gaes!

Sosok yang dikenal cerdas ini bernama Qorina Zulfa. Dia lulusan SMA Nuris Jember, jurusan IPS tahun 2016 silam. Saat memilih studi sarjana, dia memantapkan pilihannya di jurusan sosiologi saat pendaftaran SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) pada pilihan pertama dan lolos.

“Pilihan jurusan sosiologi ini memang terinspirasi dari sosok Gus Robith yang saat ngajar saya di kelas selalu mampu membuat suasana pembelajaran lebih hidup. Dengan demikian saya semakin penasaran bagaimana sosiologi itu sehingga saya ingin mendalaminya dan alhamdulilah keturutan.” Ungkap Qorina, sapaan akrabnya.

(baca juga: Jadi Garda Terdepan Lawan Covid-19, Alumni Nuris ini Bertugas dengan Tulus)

“Ternyata belajar sosiologi itu kompleks sekali. Namun, saya tak patah semangat dan terus berusaha memperluas pengetahuan melalui kajian sosiologi di organisasi PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). Diskusi dengan sahabat-sahabat di PMII membuat saya semakin menikmati dan cinta kepada sosiologi.” Kata gadis kelahiran Jember, 26 Desember 1997.

Tak cukup di situ, Qorina juga aktif  di organisasi JMSJ (Jaringan Mahasiswa Sosiologi se-Jawa). Melalui keikutsertaannya di organisasi tersebut, dia banyak mendapat informasi soal pengetahuan sosiologi lebih luas dan banyak mengenal teman-teman baru serta keorganisasian. Selain itu, pemudi yang hobi traveling ini juga aktif ikut proyek penelitian bersama dosen.

“Senang sekali bisa dipercaya dan terlibat ikut terjun ke masyarakat dalam rangka penelitian bersama dosen. Yang pasti dapat ilmu dan pengalaman penelitian, lebih dari itu dapat uang saku pula. Tentu ini menjadi pengalaman yang berharga sekali dan belajar sosiologi ini memang memberi kesan yang luar biasa.”

(baca juga: Los Cafe and Resto, Tempat Nongkrong Asyik Milik Alumni Nuris, Mahasiswa Shouffu University Taiwan)

Bulan Mei 2020 lalu, tepat bersamaan dengan bulan Ramadlan, Qorina menuntaskan kuliahnya setelah melakukan sidang skripsi berujudul “Jaringan Relasi dan Distribusi Petani Kubis di Dataran Tinggi Ijen” di hadapan empat dosen penguji melalui daring. Ujian sidang skripsi daring ini dilakukan karena dampak pandemi yang mewabah sejak bulan Maret 2020 lalu.

Namun, terkait pelaksanaan wisuda belum ada kabar lebih lanjut sebab pandemi covid-19 yang belum juga mereda secara nasional. Kini Qorina masih menunggu informasi lebih lanjut dari pihak kampus soal pelaksanaan wisuda tersebut. Dari penantian informasi tersebut, Qorina masih tetap bisa tenang dan bahagia sebab sebelum sidang skripsi juga sudah dipersunting kekasihnya yang juga sesama alumni Nuris, Shidqi Humaini, pada tanggal 29 Maret 2020 lalu.[AF.Red]

Nama                    : Qorina Zulfa

Lembaga              : SMA Nuris Jember, juruan IPS, tahun 2016

Kuliah                   : jurusan sosiologi, UNEJ

Related Post