Ektrakurikuler Sains, Adakan Final Lomba Olimpiade Sains Sekolah

Jenis Lomba Mulai dari Final Olimpiade Matematika, Biologi, Kimia, dan Ekonomi (Akuntansi)

Pesantren Nuris- Pada tanggal 04 Juli 202,0 ekstrakulikuler sains telah mengadakan lomba babak final Olimpiade Sains Sekolah (OSS). Lomba ini dilakukan bertepatan pada pukul 08.00 WIB-selesai, bertempat di ruang kelas atas gedung 16. Peserta yang hadir merupakan peserta yang telah tersaring pada seleksi awal kompetisi tersebut.

Pada perlombaan kali ini ekstrakuliluler sains telah memperlombakan cabang bidang Olimpiade yaitu diantaranya  Biologi,  Kimia, Matematika, dan  Ekonomi (Akuntansi).

(Baca juga: Setelah Tarbiyatus Sibyan: Lomba Alfiyah dan Imrithipun di Gelar)

Pada babak final kali ini cabang lomba teknis Matematika diminta untuk mengerjakan 2 soal dalam waktu 5 menit per soal dan 5 menit untuk persentasi. Untuk cabang lomba Akuntansi peserta juga diminta untuk menganalisis soal permasalahan tentang ekonomi dan cabang bidang lomba kimia dan biologi juga diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan dan praktik laboratorium.

Finalis dari masing-masing cabang lomba dipilih berdasarkan jumlah nilai terbaik pada awal seleksi yang telah dilakukan pada bulan mei kemarin. Jumlah para finalis diambil dari banyaknya peserta yang mengikuti yaitu jika peserta kurang dari 20 maka akan diambil finalis sejumlah 7-10 orang/tim dan jika peserta lebih dari 20 maka akan diambil sekitar 50% dari total peserta.

(Baca juga: Gelar lomba musabaqoh hifdzil quran para tahfidz quran beraksi)

Finalis yang mewakili 1. matematika yaitu berjumlah 8 orang, 2. Biologi berjumlah 10 orang, Kimia berjumlah 10 orang dan 4. Ekonomi (Akuntansi) berjumlah 7 tim.

Aspek penilaian dari cabang lomba Matematika dan Ekonomi (Akuntansi ) ialah cara mengerjakan, analisis soal dan presentasi, kemudian untuk cabang lomba Kimia dan Biologi penliaian diambil dari nilai pengerjaan soal dan eksperiment di Laboratorium

Juri yang menjadi penilai dari lomba ini ialah juri yang sudah berkompeten dibidangnya. Untuk bidang Matematika dinilai oleh Feri Kurnia Putra, Kimia dinilai oleh Najibullah As’ari, S.Si, Biologi dinilai oleh Hiya Beni Mahmudain, S.Pd dan Ekonomi dinilai oleh  Abdurrahman Ahmad, M.Pd. Penilain dilakukan untuk memilih jura I,II dan III.

Pemenang dari cabang Biologi yakni 1. Sandira Andri (X IPA 1 SMA), 2. Moh Hilman Faidhul Umam (X IPA 1 MA)dan 3. Ana Mutia’h (XI IPA 1 MA). Kimia juara 1. Lailia Nurjannah (X IPA 1 SMA), 2. Nanda Ayudiah (XI IPA 1 SMA), dan 3. Siti Fahruzzahra (XI IPA 1 SMA). Matematika ,juara 1. M. Fauzil Karim (XI IPA 2 MA), 2. Sri Agustiningsih (XI IPA 1 SMA), dan 3. M. Ridlo Ubaidillah (X IPA 1 SMA) dan Ekonomi juara 1. Tim Lusiana dan adinda putri (X IPS 2 SMA), 2. Tim rozalina dan Nuril Hidayah (XI IPS 1 SMA), dan 3. Arifatus Sholeha dan Firstian Syifa.

“Tidak menyangka dan kaget sekali akan menjadi pemenang, karena perasaan tadi masih sangat kurang dalam pengerjaan soal dan presentasi” ujar Sri Agustiningsih selaku pemenang juara 2 olimpiade Matematika.

“Diharapkan lomba ini akan menjadi ajang untuk mengokohkan semangat para peserta ekstrakulikuler sains dalam meraih juara dari bidang mereka masing-masing, tidak hanya di tingkat sekolah. Saya sebagai kepala esktarkulikuler sains berharap kepada semua anggota ekskul sains dapat berkompetisi di tingkat yang lebih bergensi lagi, baik di tigkat Kab/Kota, Provinsi bahkan di tingkat Nasional dan Internasional”. Ujar Desy maya Fitiah sebagai kepala Ekstarkulikkuler Sains. [Red.Gar]

Final lomba praktikum biologi
Final lomba praktikum kimia
Related Post