Berprestasi Nasional, Hafiz 30 Juz ini Penyuka Novel Tere Liye Berjudul Nebula

Ingin jadi Pengusaha Travel, Lanjutkan Impian Ayah jadi Seorang Penghafal Alqur’an

Pesantren Nuris – Masya Allah, penghafal Alqur’an 30 juz di Pesantren Nuris Jember bertambah satu santri lagi. Total kini ada 12 santri yang sudah mengkhatamkan hafalan Alqur’annya genap 30 juz. Hebatnya lagi, santri yang kini mengkhatamkan Alqur’an tersebut adalah santri berprestasi nasional kebanggaan Pesantren Nuris Jember.

Siapa yang tak kenal dengan Akhmad Zakariya Hosni? Santri ini sejak TK menempuh pendidikan formal di Yayasan Nurul Islam Antirogo Jember hingga kini duduk di bangku kelas X PK 4 MA Unggulan Nuris. Dia punya talenta yang mumpuni dan sering mengharumkan almamaternya baik saat masih di MI Unggulan Nuris, MTs Unggulan Nuris, sampai saat ini.

Tepat pada tanggal 29 September 2020 kemarin, remaja kelahiran Jember, 09 September 2005 ini resmi mengkhatamkan hafalan Alqur’annya. Di depan para ustaz pembina dan didampingi wali santri serta teman-teman sekelas program tahfizul Qur’an, Ari, sapaan akrabnya di MA Unggulan Nuris, diselenggarakan tasyakkuran khataman sebagai penanda dia resmi jadi hafiz 30 juz.

“Senang sekali bisa mengkhatamkan Alqur’an semoga ke depan bisa lebih istiqomah dan terus meningkatkan kelancaran hafalan saya. Semua berkat usaha, disiplin, tentu doa orang tua dan bimbingan para ustaz yang ada di Pesantren Nuris Jember. Terima kasih kepada semuanya.” Tutur anak bungsu dari pasangan wali santri Hosni Makki dan Lutfiyah ini.

(baca juga: Hafizah 30 Juz ini juga Jago Tilawah dan Berprestasi Ingin Kuliah ke Yaman)

Motivasi lelaki yang konon hobi bermain sepakbola ini menjadi hafiz Alqur’an adalah pesan sang ayahanda, Hosni Makki, yang semasa hidupnya menginginkan anak-anaknya menjadi hafizul Qur’an. Bak gayung bersambut, keinginan almarhum ayahandanya betul-betul terkabul, kakak kandung Ari pun juga seorang hafiz yang kini mengabdikan diri di Pesantren Nuris Jember sebagai Kepala Biro Pendidikan Diniyah.

“Ya memang saya termotivasi pesan ayah dulu, apalagi kakak saya juga seorang hafiz. Saya pun bercita-cita ingin istiqomah dalam menghafal dan bisa mengamalkannya. Mohonn doanya para guru dan teman-teman di Nuris semoga kita selalu dalam petunjuk-Nya dan berkah hidupnya. Amin.” Imbuh lelaki yang pernah juara 1 MHQ 5 Juz nasional dan berlaga di tingkat ASEAN di Jakarta tahun 2019 lalu.

Di sela hafalan Alqur’an dan sibuk dengan pendidikan diniyah serta sekolah formal di MA Unggulan Nuris, Ari punya cara tersendiri mengusir suntuknya dengan cara membaca buku novel. Novel kesukaannya adalah tulisan pena Tere Liye, terutama judulnya Nebula. Baginya novel tersebut seru, mengisahkan suatu petualangan dan sesuai dengan cita-citanya menjadi seorang traveler.

Tak heran, ke depan Ari ingin mewujudkan keinginannya untuk menjadi pengusaha Bus. Dia ingin jalan-jalan keliling Indonesia dan dunia. Jika bicara soal pendidikan, Ari tak muluk-muluk. Remaja asal Kelurahan Antirogo, Sumbersari, Jember ini ingin melanjutkan studi sarjana di UIN Maliki Malang, jurusan Tafsir Alqur’an. Semoga terkabulkan. Amin.[AF.Red]

Nama                    : Akhmad Zakariya Hosni

Lembaga              : MA Unggulan Nuris, X PK 4

agenda tasyakkuran khataman Alqur’an Ari bersama teman-teman sekelas tahfizul Qur’an
Related Post