Sejarah Museum Kesehatan Surabaya

Penulis: Regina Qotrun Nada*

Udah pernah tahu belum tentang museum kesehatan yang terletak di Surabaya ini? Museum kesehatan yang dirintis oleh pemerintah Indonesia melalui Departemen Kesehatan Puslitbang Pelayanan  Dan Tekhnologi Kesehatan (PUSLITBANG YANTEKKES), diresmikan oleh menteri kesehatan pada tanggal 14 September 2004.

Kemudian terbentuklah nama yaitu Museum Kesehatan Dr.Adhyatma MPH, yang terletak di Jl. Indrapura 17 Surabaya Jawa timur.

(Baca juga: sejarah lampu lalu-lintas)

Awal mula museum kesehatan sudah dirancang pada 1980-an dan telah diresmikan oleh Presiden Soeharto, yang dimana itu terletak di daerah Ibu Kota Istimewa Yogyakarta, namun disaat itu, sarana gedung memang sangat luas, tetapi isinya belum ada kecuali sebuah prasasti pembukaan.

Keberadaan museum ini tidak ditunda-tunda lagi dan oleh karena itu Puslitbang Yantekes yang sangat berkepentingan di bidang informasi memberanikan diri untuk persiapan mengungkapkan bahan-bahan untuk isi museum.

Surat keputusan mengenai museum kesehatan Surabaya baru terbit pada tahun 1998 oleh Puslitbang Yankes sebagai bagian dari Sub Bidang Dokumentasi  Publikasi Puslitbang Yankes. Karena kegiatan ini masih belum ada pada struktur organ dep. kes, maka dari itu pembayaran masih menggunakan sumbangan dan sebaliknya dikelolah secara mandiri baik oleh pengunjung maupun dermawan.

(Baca juga: sejarah asal mula hari ibu)

Di dalamnya terdapat perpustakaan kecil yang berisi informasi mengenai hal hal yang berkaitan dengan permuseuman berupa majalah, buku, video maupun kaset.

Sumber gambar: jejakpiknik.com

Penulis merupakan siswa kelas X PK MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post