Mengapa Pohon Kelapa Disebut Pohon Seribu Manfaat?

Penulis: M. Rifki Muchlisin*

Kita sudah tidak asing lagi bukan dengan tumbuhan kelapa? Ya, tumbuhan yang biasa disebut Nyiur ini sangatlah memiliki banyak manfaat, mulai dari daunnya,buahnya,bahkan sampai akarnya. Pokoknya semua anggota tumbuhan kelapa bisa kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan kita. Oke guys langsung saja mari kita cari tahu, apa saja sih manfaat yang dimiliki oleh tumbuhan kelapa tersebut?

(Baca juga: manfaat memelihara kucing)

Daun

Daun kelapa bisa kita manfaatkan sebagai atap rumah,anyaman (contohnya adalah anyaman ketupat),dan sebagai alternatif pakan ternak.

Batang daun

Batang daun kelapa juga bisa kita manfaatkan loh, mau tau apa manfaatnya?, yups, batang daun kelapa bisa kita manfaatkan untuk membuat sapu lidi.

Buah kelapa

Buah kelapa terdiri dari beberapa lapisan, yaitu kulit,sabut,tempurung,daging,dan air kelapa. Nah masing-masing dari lapisan tersebut memiliki manfaat tersendiri lo,teman-teman. Di bagian ini saya akan mencoba menjelaskan satu-persatu manfaat dari buah kelapa tersebut.

Kulit buah kelapa

Kalian pernah kan makan daging kelapa dan lupa memakai sendok?. Nah kulit kelapa fungsinya disini, kita bisa menggunakan kulit kelapa sebagai sendok untuk makan daging sekaligus mengelupas daging dari tempurungnya, tapi jangan lupa dicuci dulu ya.

(Baca juga: si manis yang banyak manfaat)

Sabut

Sabut kelapa yang disebut sepet oleh orang jawa ini bisa kita manfaatkan sebagai alat cuci piring,pupuk organik,bahan dasar briket,dan sebagai penetralisir bau semen pada kolam yang baru dibuat.

Tempurung

Tempurung kelapa memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan yaitu: obat untuk penderita diabetes,mengobati keracunan,menurunkan kolesterol,membantu proses pada sistem pencernaan,dan membantu proses penyembuhan luka.

Daging dan air kelapa

Daging dan air kelapa inilah yang sering kita temui di penjual es degan, ih jadi pengen deh, hahaha. Selain enak untuk dikonsumsi ternyata daging dan air kelapa ini sangat bermanfaat untuk tubuh kita loh, salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan kita. Nah cocok nih untuk kalian yang sedang diet.

Batang pohon kelapa

Batang kelapa memiliki struktur kerapatan yang tinggi, sehingga dapat diolah menjadi berbagai macam furnitur dan bahan bangunan. Selain itu, batang pohon kelapa juga bisa kita jadikan sebagai bahan pembuatan arang dan kertas loh.

Akar pohon kelapa

Selain akar pohon bakau, akar pohon kelapa juga bisa berguna untuk pemecah ombak sekaligus mencegah abrasi, selain itu akar pohon kelapa juga bisa kita manfaatkan sebagai pengganti kayu bakar dan bahan kerajinan tangan.

Nah, itulah manfaat pohon kelapa yang bisa kita ambil kegunaannya, semoga menambah pengetehauan dan bermanfaat bagi pembaca yang budiman.

Sumber gambar: artikel.rumah123.com

Penulis merupakan siswa kelas X PK 2 MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post