IMAN dan Ekspo Kampus, Usung Tema Restorasi Kepemimpinan Demi Terwujudnya Impian

Pesantren Nuris – Alumni Pesantren Nuris Jember semakin bertebaran di seluruh penjuru tanah air Indonesia. Pun pengurus IMAN (Ikatan Mahasiswa Alumni Nuris) semakin menunjukkan eksistensi alumni pesantren di nusantara. Sebagai upaya perputaran roda organisasi, IMAN gelar kegiatan rutinan yakni Pelantikan pengurus IMAN dan Ekspo Kampus.

Acara yang telah dipersiapkan kurang lebih dua minggu sebelum hari-H ini berlangsung meriah pada hari Sabtu, 23 Januari 2021. Dibuka oleh Dian Mufidah dan Elvi Maziyah sebagai Miss of Ceremony, acara ini berlangsung mulai pukul 09.00 – 12.45 WIB. Seperti tahun tahun sebelumnya, acara ini bertempat di GOR (Gedung Olahraga) Pesantren Nuris Jember.

Disaksikan oleh ratusan siswa yang menempuh kelas akhir lembaga SMA Nuris, SMK Nuris, dan MA Unggulan Nuris, pelantikan pengurus IMAN berlangsung khidmat. Pelantikan dilakukan langsung oeh Pengasuh Pesantren Nuris Jember, Gus Robith Qoshidi LC. Diawali dengan pembacaan ikrar pengurus IMAN. Disusul dengan serah terima jabatan ketua IMAN 2020-2021, Andik Firmansyah yang digantikan oleh  Ahmad Irwan A. periode 2021/2022.

“Walaupun IMAN ini isinya cuma canda tawa, kesenangan, dan kekeluargaan, tetapi isinya orang-orang hebat semua di dalamnya”. Ujar Pengasuh Pondok Pesantren Nuris Jember.

(baca juga: Usai Naik Pelaminan, Nur Izzatul Maulidah Lanjut Doktoral Berbeasiswa di Taiwan)

Setelah pelantikan pengurus IMAN, Nur Lailatul Izzah dan Martania Rizki Amalia (perwakilan alumni Nuris) dengan semangat yang berkobar membuka acara yang kedua, yakni Ekspo Kampus. Acara yang paling dinanti oleh kelas XII. Pasalnya, acara ekspo kampus ini menarik hati para calon calon mahasiswa baru.

Dibuka dengan perkenalan per korwil (Koordinator Wilayah) IMAN yang terdiri dari 9 Korwil. Kemudian, untuk mengefesiensikan waktu, perkenalan per Korwil dibagi dalam bentuk diskusi kecil dengan para calon mahasiwa yang baru. “ acara expo ini agak beda dengan tahun tahun sebelumnya. Kita sebagai panitia lebih ingin pendekatan emosional dengan Korwil masing-masing”. Ungkap ketua Panitia, Ricky Dwi Septian.

Tujuan diadakannya expo campus yakni, menjawab semua pertanyaan para calon mahasiswa baru tentang universitas yang mereka impikan atau yang akan mereka tuju. Acara yang kurang lebih menjadi rutinitas tahunan selama  tiga tahun lalu memberi banyak manfaat positif.

(baca juga: M. Fauzan Adhim, Putra Seorang Guru Bersahaja Lolos Beasiswa Penuh Kuliah ke Universitas Al Azhar Mesir)

Dengan adanya Ekspo Kampus dan terbentuknya IMAN, menjadikan calon mahasiswa yang baru akan masuk ke Universitas yang mereka impikan bisa disambut baik dengan kakak-kakak alumni Nuris yang telah terhimpun dalam Korwil IMAN.

Tak hanya itu, dengan menjadi anggota IMAN nantinya, calon MABA akan mendapatkan banyak relasi yang sangat berguna untuk masa depan. Terbentuknya ukhuwah islamiyah antara alumni nuris juga menjadi hal yang positif organisasi IMAN. Tak lupa karakter sosial yang akan terbentuk menjadi pelajaran utama untuk terjun ke masyarakat dan menjadi eksistensi peningkatan mutu alumni pesantren.

“ Semakin tahun semakin banyak yang dating, itu artinya kalau IMAN ini makin kompak dan makin satu hati”. Puji pengasuh Pesantren Nuris. “ Saya berharap target IMAN kedepannya adalah bisa merangkul para alumni yang sudah menempuh pendidikan S-2 atau doktoral.” Tambah pengasuh Pesantren Nuris Jember.

Dengan demikian, harapan untuk IMAN kedepannya agar lebih tertata dan sesuai dengan harapan pengasuh. Tak hanya itu, semoga IMAN juga bisa selalu merangkul para alumni pesantren nuris yang baru, agar tetap terjaga sesuai semboyan yakni “ SATU ATAP”. Untuk expo campus semoga selalu menyajikan yang terbaik untuk membantu calon mahasiswa baru dalam terjun ke masyarakat atau dunia perkuliahan nantinya. [RED/handini]

Related Post