Kemauan Kalahkan Kemampuan, Prinsip yang Bikin Alumni ini Siap Bertitel Sarjana MPI

Sempat Merasa Salah Jurusan, hingga Berjalannya Waktu, Akhirnya Sukses Sempro

Pesantren Nuris – Menjalani sesuatu yang memang bukan keinginan kadang melelahkan dan setengah hati. Tetapi tetap mampu bangkit dan beranjak menikmati apa yang telah Tuhan berikan, itu suatu hal yang pasti dan menjadi akhir yang manis. Kisah alumni Nuris yang satu ini kayak permen nano, menarik sekali bukan? Ayoo kepoin kejutannya!

Gadis cantik yang memiliki kisah unik ini bernama Siwi Yekti Palupi, lulusan SMA Nuris Jember, jurusan IPS, tahun 2017 silam. Nah, usai lulus dari Pesantren Nuris Jember inilah kisah menariknya dimulai. Keinginannya yang kuat untuk menjadi guru tertanam sejak nyantri sehingga membuat Siwi, sapaan akrabnya, ingin studi sarjana di tarbiyah atau kependidikan.

Berbagai usaha untuk masuk perguruan tinggi telah dilaluinya, saat memilih jurusan kuliah, gadis kelahiran Jember, 04 Januari 1999 ini mulai ragu-ragu. Niat hati ingin fokus ambil program studi PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah), malah yang lolos pada jurusan MPI (Manajemen Pendidikan Islam) di IAIN Jember—sekarang UIN KH. Achmad Siddik (UIN KHAS).

(baca juga: Lanjut Studi ke Amerika Serikat, Alumni Nuris Lulus Summa Cum Laude di Universitas Indonesia Jakarta)

“Saya salah letakkan pilihan kuliah yang pertama dan kedua, eh yang pertama lolos. Padahal inginnya masuk PGMI. Sempat down dan setengah hati menjalaninya, bahkan ingin pindah jurusan atau ulang lagi. Tetapi berkat dukungan teman dan orang tua, perlahan akhirnya saya nikmati.” Tutur Siwi.

“Dukungan dan lingkungan yang support menjadi penguat saya menjalani kuliah ini. Saya menyadari bahwa kemauan mengalahkan kemampuan, prinsip ini didasari kekuatan usaha yang tentu dapat membentuk lebih dari sekadar kemampuan itu sendiri.” Imbuhnya.

Konon, pemudi yang berasal dari Sumberan, Ambulu, Jember ini sukses menjalani seminar proposal skripsi berjudul “Manajemen Program Pembiasaan Keagamaan dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa” pada tanggal 08 Februari 2021 lalu. Bahkan capaian IP semester terakhirnya perfect, 4,00 loh. Ini menjadi modal semangat besar untuk menuntaskan studi hingga raih titel sarjana MPI.

Bagi perempuan yang hobi mendengarkan musik ini, merasa apa yang telah dipelajari saat masih nyantri di Pesantren Nuris Jember, banyak memberikan bekal saat kuliah. Hal itu terutama soal manajemen waktu, keuangan, hingga wawasan pembelajaran dan tatakrama. Dia berharap skripsinya lekas tuntas dan bersiap menyongsong masa depan yang baik.[AF.Red]

Nama                    : Siwi Yekti Palupi

Lembaga              : SMA Nuris Jember, jurusan IPS, tahun 2017

Kuliah                   : IAIN Jember, Prodi MPI

Related Post