MA Unggulan Nuris dan SMA Nuris Jember Monopoli Juara Cipta Puisi Matematika Ajang SME 2021 di Gresik

Berproses Aktif di Kegiatan Ekstrakurikuler Penulisan Kreatif Sastra, Geliat Literasi Santri Tembus Batas Kritis

Pesantren Nuris – Prestasi santri Pesantren Nuris Jember luar biasa. Pada akhir bulan lalu, 30 Januari 2021 lalu, tiga santrinya memonopoli ajang Spectacular Math Event 2021 kategori cipta puisi matematika tingkat Provinsi Jawa Timur di Universitas Muhammadiyah (UM) Gresik.

Mereka adalah Iffah Nurul Hidayah, siswi kelas XI IPA 1 MA Unggulan Nuris sebagai peraih juara 1; Alya Latifatul Fitriyah, siswi kelas XI PK 1 MA Unggulan Nuris sebagai peraih juara 2; dan siswi lainnya dari SMA Nuris Jember sebagai peraih juara 3 atas nama Yosni Ayu Fazrani, siswi kelas XII IPS 3.

Karya puisi mereka mampu memikat dewan juri di UM Gresik sehingga mampu memborong piala di ajang SME 2021 tersebut. Judul puisi Iffah Nurul Hidayah yakni, “Menghitung 6666 Sajak Langit”; judul puisi Alya Latifatul Fitriyah yakni, “Unit Gawat Kuadrat dan Kesaksian Al-Khowarizmi”; dan judul puisi “Obituari Rindu Seantero Tan 90 Derajat” milik Yosni Ayu Fazrani.

(baca juga: Juara 2 Cerpen Santri, Siswa SMP Nuris Jember Catat Prestasi Tingkat Provinsi Jawa Timur)

Sontak, prestasi ini semakin menegaskan dominasi santri Pesantren Nuris Jember yang menggeliat di bidang literasi. Gerakan literasi di setiap lembaga di Yayasan Nurul Islam Jember semakin menunjukkan perkembangan yang pesat dan didukung dengan program serta sarana yang representatif. Tak heran, berbagai prestasi bidang literasi santri Nuris semakin mentereng.

Apalagi di MA Unggulan Nuris, khususnya dikenal dengan program unggulan sebagai madrasah literasi. Begitu pun di SMA Nuris Jember juga memiliki duta literasi yang menjadi model siswa. Hal ini terbukti, para siswanya mampu berbicara banyak dalam setiap perlombaan bidang kekaryaan baik cipta puisi maupun cerita pendek baik tingkat provinsi maupun nasional.

Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler penulisan kreatif sastra menjadi wadah proses kreatif bagi setiap santri baik dari siswa yang berada di MA Unggulan Nuris maupun SMA Nuris Jember. Dengan demikian, bakat dan minat siswa benar-benar ditempa sehingga beragam prestasi bidang literasi dapat direngkuh.

(baca juga: Akidah Masyitah, Puisi Juara 1 Nasional Karya Siswa SMA Nuris Jember di Ajang ISEF UNAIR Surabaya)

Bahkan setiap tahunnya terdapat sekitar 10 buku karya siswa diterbitkan sebagai bentuk apresiasi lembaga terhadap siswa kreatif tersebut. “Kami memang punya perhatian khusus terhadap program literasi dan penerbitan buku berkualitas karya santri. Alhamdulillah semua berjalan secara istikamah dan variatif.” Tutur Mila Karmila, selaku Kasi Penjamin Mutu Siswa.

“Secara berkala juga kita mengadakan kegiatan bedah buku, motivasi atau seminar karya untuk mempertajam pengetahuan literasi santri sebagai wujud program pengembangan. Semoga prestasi ini semakin meningkatkan motivasi untuk terus berkarya dan berprestasi meski masih di kala pandemi begini.” Imbuhnya.[AF.Red]

screenshot hasil pengumuman juara cipta puisi matematika SME 2021 tingkat SMA sederajat

(link pengumuman juara dari panitia: https://drive.google.com/file/d/1lmZ7ia2Yw1MxAvbIaj-bQLQsSp_OVkjP/view)

Yosni Ayu Fazrani, juara 3 cipta puisi matematika SME 2021
Related Post