Maya Nabila, Muslimah Mahasiswa Doktoral Termuda di ITB

Penulis: Sintia Wati*

Maya Nabila atau biasa di sapa Maya ini adalah muslimah berusia 21 tahun yang tercatat sebagai mahasiswa termuda (21 Tahun ) pada program doktoral atau S3 di Institut Teknologi bandung ITB.Wanita kelahiran Padang, 9 Mei 1999 ini, mengambil program studi matematika, fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) pada tahun akademik 2021\2022.

Sebelum memasuki kuliah, Maya memang sudah terbilang anak yang pandai. Segala pendidikannya diawali dengan waktu yang terbilang cepat. Dia memasuki jenjang sekolah dasar pada usia lima tahun, bahkan gadis muslimah ini berhasil lulus SMA secara akselerasi yakni hanya membutuhkan waktu 2 tahun untuk menyelesaikan masa SMA nya.

(Baca juga:K.H Muhammad Idrus Ramli: pendekar Aswaja dari Bumi Pandalungan)

Setelah lulus SMA, Maya Nabila melanjutkan studinya ke universitas Andalas, Padang, Sumatra Barat dan mengambil jurusan Matematika. Diketahui, Maya tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan gelar sarjana, ia hanya menyelesaikan jenjang itu selama kurun waktu kurang dari empat tahun.

Tanpa berpuas diri, muslimah yang suka atau hobi belajar ini kembali melanjutkan pendidikannya di InstitutTeknologi Bandung (ITB) dan menerima beasiswa pendidikan magister menuju Doktor untuk sarjana unggul (PMDSU) Kemenristekdikti. Tentu saja gelar S2 belum membuatnya puas terbukti dia terus melanjutkan pendidikannya sampai S3.

Meski perjalanan akademis nya dipermudah, Maya Nabila kerap juga menemukan kendala. Ia mengaku sempat kesulitan menyesuaikan pelajaran, tapi melihat kini Maya sudah lanjut ke jenjang strata S3 tampaknya hal tersebut bisa dilewatinya dengan baik.

(Baca juga: mengenal lebih dekat Aan Mansyur)

Adapun target jangka pendek muslimah cantik ini adalah berharap memiliki kesempatan atau punya kemampuan untuk mendirikan sekolah, khususnya bagi orang yang tidak mampu karena menurutnya pendidikan itu sangat penting. Ia ingin mengamalkan ilmunya bagi mereka anak-anak kurang mampu.

Sumber gambar: tagar.id

Penulis merupakan siswa kelas X IPA 3 SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post