Puisikan Kearifan Lokal dengan Diksi Matematika, Siswa SMP Nuris Jember Raih Juara 2 di UM Gresik

Kreatif dan Cerdas, Sosok Remaja ini akan Terbitkan Buku Novel Pertama dan Berprestasi Bidang Literasi

Pesantren Nuris – SMP Nuris Jember patut berbangga atas capaian anak didiknya yang gemilang. Baru-baru ini Nandhita Yusvira P., siswi yang kini duduk di kelas 9C tersebut, mampu menorehkan prestasi tingkat Provinsi Jawa Timur di ajang Spectacular Math Event (SME) 2021 di Universitas Muhammadiyah (UM) Gresik.

Lomba cipta puisi matematika yang diikuti Nandhita ini berlangsung secara daring pada tanggal 20 Januari 2021 lalu. Tanggal tersebut merupakan tanggat waktu terakhir pengiriman karya semua peserta yang turut berkompetisi di cabang lomba cipta puisi matematika tingkat SMP sederajat. Tepat pada tanggal 30 Januari 2021, para juara diumumkan via website pmtkumg.umg.ac.id oleh panitia.

Dengan pembinaan yang intensif di ekstrakurikuler penulisan kreatif sastra, Nandhita, sapaan akrab remaja yang kreatif dan cerdas ini tak kesulitan mengeksplorasi kearifan lokal menjadi sebuah puisi yang mengagumkan.

(baca juga: Jadi Bagian di Sekolah Berbudaya Islami dan Berprestasi Bidang Sains, Daftarkan Diri di SMP Nuris Jember)

“Tema puisinya sih bebas, tetapi tidak boleh menulis puisi bertema cinta-cintaan gitu. Yang sulit itu bagaimana saya bisa menggunakan diksi matematika atau istilah yang ada dalam pelajaran matematika ke dalam karya puisi saya. Alhamdulillah setelah sekitar sepekan saya membaca dan menulis akhirnya tuntas juga.” Tutur Nandhita.

“Banyak koreksi dan revisi dari guru pembina, sempat mau menyerah juga sih. Menggunakan diksi matematika itu menjadi tantangan tersendiri, tetapi yang saya tulis terkait kearifan lokal dan yang pernah saya alami sehingga terasa lebih mudah menghayati dan mengekspresikannya.” Imbuhnya.

Tak pelak, karya puisi berjudul “Memorabilia Layang-Layang” milik remaja yang kini bersiap proses penerbitan karya novel pertamanya ini didapuk sebagai juara 2 dan menyisihkan 35 peserta lainnya. Sementara itu, juara 1 diraih oleh Kirana Aura Z. dari SMPN 12 GKB, juara 3 diraih oleh Ridha Cahaya S. dari MTSN 5 Bawean.

(baca juga: Rancang Game Lingkungan Edukatif, Siswa SMP Nuris Jember Juara 2 LKTI di Universitas Negeri Yogyakarta)

Mereka berhak mendapat tropi bergengsi, piagam juara, dan uang pembinaan masing-masing sebesar Rp300.000,00; Rp200.000,00; dan Rp100.000,00 dari panitia penyelenggara SME 2021. Prestasi yang diraih Nandhita ini melanjutkan tren positif SMP Nuris Jember sebagai juara cipta puisi matematika SME dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

“Alhamdulillah dan terima kasih atas prestasi yang diraih oleh siswa kami. Ini menambah rasa percaya diri kami dalam menyongsong PPDB SMP Nuris Jember tahun pelajaran 2021/2022. Semoga ini menjadi inspirasi siswa-siswa lainnya untuk semangat berprestasi.” Tukas Gus Rahmatullah Rijal.[AF.Red]

cuplikan informasi pengumuman juara cipta puisi SME 2021

(link pengumuman juara SME 2021: https://drive.google.com/file/d/1lmZ7ia2Yw1MxAvbIaj-bQLQsSp_OVkjP/view)

Related Post