Hobi Baca dan Tekun Menulis, Cara Ampuh Santri Nuris Borong Juara Nasional di Ajang Festival Milenial 2021

Dominasi Juara Cipta Puisi dan Cerpen, Santri Nuris ini Punya Bakat Luar Biasa, Siap Terbitkan Buku Tahun ini

Peaantren Nuris – Almamater Pesantren Nuris Jember patut berbangga usai tiga santrinya memborong juara di ajang Festival Milenial 2021 tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Komunitas Seninan Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah, Sukorejo, Situbondo pada hari Rabu, 14 April 2021 kemarin.

Hebatnya lagi, mereka mampu meraih juara di dua bidang lomba literasi sekaligus. Berikut capaian juara bidang cipta puisi bertema “Ramadan” tersebut yakni, Iffah Nurul Hidayah, sebagai juara 1; Alya Latifatul Fitriah, sebagai juara 2; dan Kayla Athaya Tifani, sebagai juara 3.

Selain itu, dominasi mereka juga di bidang cipta cerpen bertema bebas di antaranya, Alya Latifatul Fitriah, kelas XI PK 1 MA Unggulan Nuris, sebagai juara 1 dan Iffah Nurul Hidayah, kelas XI IPA 1 MA Unggulan Nuris, sebagai juara 2.

“Tentu senang sekali ya bisa memenangkan lomba cipta puisi dan cerpen ini apalagi tingkat lomba ini umum dan se-Indonesia. Bersyukurnya lagi kemenangan ini kami raih bersama teman-teman seperjuangan juga, alhamdulillah usaha kami baca, menulis membuahkan hasil.” Tutur Alya Latifatul Fitriah, siswa yang pandai baca kitab kuning ini.

(baca juga: Bersaing dengan Puluhan Negara, Dua Siswa SMA Nuris Jember Wakili Indonesia Raih Medali Emas ISTEC 2021)

Perlombaan ini berlangsung secara daring, setiap peserta cukup mengirim karya terbaik serta wajib mengisi format pendaftaran online. Karya-karya puisi santri Nuris Jember ini benar-benar dapat memukau dewan juri sehingga puisi berjudul “Senandung Bambu di Gigil Dini Hari Ramadan”, “Mokel”, dan “Ngaburit” masing-masing diputuskan sebagai juara 1, 2, dan 3.

Begitu juga karya cerpen santri Nuris berikut ini, “Sepersekian Detik sebelum Perempuan Meminum Secangkir Kopi dan Deras Air Mata yang Menyebar ke Penjuru Dunia” didaulat sebagai juara 1; dan “Akulah Puisi Cemas yang Tergeletak di Sebuah Buku Antologi Puisi” didaulat sebagai juara 2.

Ketiga santri Nuris Jember ini memang dikenal sebagai anggota aktif ekstrakurikuler penulisan kreatif sastra. Mereka dibina secara profesional dan sarana bacaan yang representatif sehingga mampu menelurkan karya sastra yang berkualitas.

Dukungan Pengasuh Pesantren Nuris Jember, Gus Robith Qoshidi, secara penuh terhadap kreativitas santri membuat setiap lembaga formal setiap tahunnya rutin menerbitkan karya baik genre fiksi maupun nonfiksi. Berbagai prestasi juga telah diraih santri Nuris baik tingkat nasional maupun internasional.[AF.Red]

(link pengumuman juara dari panitia Festival Milenial 2021: https://youtu.be/-gapwTjKvZ4)

Kayla Athaya Tifani, X IPA 1 SMA Nuris Jember, juara 3 cipta puisi Festival Milenial 2021
Related Post