Juara Nasional Pidato Bahasa Arab di Jawa Barat, Capaian Prestasi Siswa MA Unggulan Nuris Fantastis

Bertalenta Luar Biasa sejak di MTs, Dalami Kitab Kuning dan Fokus Kembangkan Potensi Dakwah

Pesantren Nuris – Prestasi MA Unggulan Nuris terus tak terbendung jelang akhir tahun pelajaran 2020/2021 ini. Yang terbaru, Royhan Afthon Syadida, siswa kelas XI PK 1 MA Unggulan Nuris tersebut didaulat sebagai juara 3 pidato bahasa Arab tingkat nasional di Pondok Pesantren (PP) Darul Qur’an, Jawa Barat pada tanggal 29 April 2021 lalu.

Perlombaan ini berlangsung secara daring sehingga setiap peserta wajib mengikuti perlombaan pidato bahasa Arab dengan cara mengirim video penampilan. Video tersebut dikirim via dokumen googledrive panitia untuk dilakukan penilaian oleh dewan juri.

Selang sepekan usai pengumpulan karya video penampilan pidato bahasa Arab, pengumuman hasil penilaian lomba ini dilakukan secara virtual yakni, akun Youtube Darul Qur’an. Panitia mengumuman tiga video penampilan terbaik yang dinilai berdasar pada kriteria seperti pelafalan dan artikulasi, ekspresi, dan kesesuaian tema pidato bahasa Arab.

(baca juga: Dua Siswa MA Unggulan Nuris Raih Juara 1 Bidang Bahasa Tingkat Jawa Timur)

Peraih juara lomba pidato bahasa Arab tersebut di antaranya, Muhammad Arsyad Rifqi, SMA TQT Madinatul Quran, sebagai juara 1; Ahmad Khairu Marju Tamam, SMAIT Bina Amal, sebagai juara 2; dan Royhan Afthon Syadida, MA Unggulan Nuris, sebagai juara 3.

“Senang sekali bisa banggakan MA Unggulan Nuris. Tapi ada kecewanya sih, namanya saya tertulis salah di pamflet pengumuman saat diunggah di akun Youtube panitia. Alhamdulillah meski singkat persiapannya bisa maksimal hasilnya.” Tutur Dida, sapaan akrab remaja asal Sumberjambe ini.

Dida adalah siswa yang berbakat luar biasa. Selain bakat luar biasa dalam berpidato dengan menggunakan bahasa Arab, dia juga memiliki jiwa kepemimpinan. Itu terbukti dengan amanah yang diberikan oleh segenap sivitas akademika MA Unggulan Nuris kepadanya sebagai ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) periode 2020/2021.

Berbagai prestasi telah dicapainya sejak berada di MTs Unggulan Nuris baik tingkat kabupaten hingga nasional. Bahkan, Dida juga pandai membaca kitab kuning seperti Fathul Qorib, hafal 1000 bait kitab Alfiyah ibnu Malik, dan hafal Taqrib. Dia pun di MA Unggulan Nuris berada di kelas unggulan kitab yakni, PK 1.[AF.Red]

pamflet pengumuman juara pidato bahasa Arab tingkat nasional PP Darul Qur’an, Jawa Barat
Related Post