Terinspirasi Najwa Shihab, Kisah Inspirasi Santri Nuris jadi Juara Presenter di Kece TV, Keren Banget Kuyyy

Gali Potensi Jurnalisme sejak Nyantri di Pesantren Nuris Jember, Kembangkan Bakat di Dunia Presenter dan Rebut Juara Nasional

Pesantren Nuris – Alumni Nuris ini benar-benar membanggakan dan inspiratif abis. Pasalnya, capaian prestasi yang diraihnya pada ajang pencarian bakat bertajuk Kece Cari Presenter 2021 yang diselenggarakan oleh Kece TV by UNESA (Universitas Negeri Surabaya) di Surabaya sangat menakjubkan. Bagaimana kisahnya? Hayukk kepoin terus gaes!!!

Berawal dari informasi yang didapatkan oleh pemudi cantik dan cerdas bernama Achi Wilfa Inayah—lulusan SMA Nuris Jember, jurusan IPS, tahun 2019—soal ajang pencarian bakat oleh Kece TV by UNESA dari temannya, dia pun berkeinginan mencari pengalaman dan ikut berkompetisi.

“Iya benar, saya dapat informasi ajang Kece Cari Presenter 2021 ini dari kakak tingkat di kampus. Dia kan presenter di JTV Jember dan ngajak saya ikut lomba ini. Setelah tak pikir-pikir coba saja deh, saya memang suka dunia jurnalis bidang presenting ini. Ya, buat pengalaman apalagi jurinya emang kece karena ada dari Metro TV, Trans 7, dan Kemendikbud juga lho.” Tukas Achi, sapaan akrabnya.

(baca juga: Harumkan Pesantren Nuris Jember di Yogyakarta, Nihayatus Zaen Juara Baca Kitab Fathul Qorib Lintas Nusantara)

Para dewan juri utama dalam ajang pencarian bakat Kece Cari Presenter 2021 by UNESA ini di antaranya, Herma Retno Prabayanti, Wakil Ketua Komisi Informasi Jawa Timur, produser dan presenter Metro TV Jatim dan Trans 7, serta kepala produksi Kece TV; Hamdan Alkafie, news anchor Metro TV nasional; dan Lucky Kurniawan, perwakilan BPMTPK (Badan Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan) Kemendikbud.

Ketika melihat jam terbang para peserta Kece Cari Presenter 2021 ini, gadis yang mengidolakan Najwa Shihab ini sempat merasa minder. Total ada 144 peserta dari berbagai kalangan yang turut serta dalam ajang pencarian bakat tingkat nasional ini.

“Bener banget sempat minder saya. Kan ada tiga tahap, ya prosesnya cukup panjang lomba ini mulai 01 Maret sampai 23 April 2021 pengumuman juara 3 besarnya. Yang ikut rata-rata sudah berpengalaman jadi MC, presenter TV lokal, dan duta public speaking. Apalagi setiap tingkat babak tantangannya semakin berat. Sementara saya hanya pengalaman juara presenter saat masih di SMA Nuris Jember.” Katanya.

(baca juga: Lanjut Studi ke Amerika Serikat, Alumni Nuris Lulus Summa Cum Laude di Universitas Indonesia Jakarta)

Setelah dinyatakan lolos jadi presenter 50 terbaik, perempuan kelahiran Jember, 29 September 2001 ini, diminta live report secara mandiri dengan menyediakan naskah sendiri dalam tempo relatif singkat yakni, 3 hari.

Achi pun bergegas mengolah naskah lalu membuat video live report-nya. Hebatnya, produk videonya terpilih menjadi 10 peserta terbaik yang mengaharuskannya tampil secara langsung ke Surabaya, lokasi produksi Kece TV.

“Sempat gak nyangka masuk 10 besar, nderedeg rasanya. Saya pikir ini capaian terbaik saya dan sudah memuaskan meskipun tidak juara. Tetapi saya tetap ingin memberikan penampilan terbaik apa pun hasilnya. Bayangkan, hanya dalam waktu sehari untuk persiapan dengan naskah wajib buat sendiri. Terus ada tiga titik untuk live report yang ditentukan secara acak oleh panitia.” Imbuhnya.

Keseruan yang dialami gadis asal Kebonsari, Jember ini semakin menjadi-jadi dan menantang saat menyiapkan diri di babak final 10 terbaik ini. Konon, saat perjalanan di kereta api Jember—Surabaya, Achi fokus menyiapkan tiga naskah sekaligus untuk mempersiapkan diri saat penentuan titik topik live report-nya.

“Ini pengalaman yang sangat mengesankan bagaimana saya bisa tahu kinerja di studio TV secara langsung. Berada di ruangan ber-AC, di balik layar greenscreen, dan tim produksi yang bekerja di balik layar, buat saya merinding. Tantangan usai live report, saya kebagian tampil di acara talkshow di sana.” Ujar Achi yang kini kuliah di IAIN Jember, jurusan KPI.

Di acara puncak penghargaan usai melewati berbagai tantangan babak final 10 peserta terbaik, nama Achi Wilfa Inayah, dinobatkan sebagai juara 3. Perempuan yang hobi menyanyi dan traveling seperti kejatuhan durian, apa yang diusahakan dalam proses yang panjang kurang lebih dua bulan membuahkan hasil yang manis.

“Alhamdulillah senang sekali bisa masuk 3 besar dalam lomba presenter ini. Bertemu dengan finalis dan kru Kece TV Surabaya banyak memberikan pengalaman yang impresif. Sampai saat ini pun kami masih saling komunikasi, mereka sangat baik dan saling support. Semoga ke depan saya semakin bisa mengembangkan diri dan terus berkarya.” Ujar gadis yang juga pernah jadi anggota Paskibar Nuris.[AF.Red]

Nama                    : Achi Wilfa Inayah

Lembaga              : SMA Nuris Jember, jurusan IPS, tahun 2019

Kuliah                   : IAIN Jember, jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)  

Related Post