Aktif Organisasi dan Berprestasi Sejak MA, Alumni Nuris Ini Keren!

Jadi Staf HRD Ritma dan Staf Sainspreneur Fosman, Alumni Ini Mantan Anggota M-sains Nuris

Pesantren Nuris-  Alumni Nuris yang satu ini merupakan  alumni lembaga MA Unggulan Nuris jurusan IPA, lulusan tahun 2018. Selama menjadi siswa sekaligus santri ia pernah aktif menjadi pengurus pesantren bagian ubudiyah. Tak hanya itu, ia juga aktif menjadi salah satu anggota Madrasah Sains Nuris (M-Sains Nuris).

Gadis manis ini adalah Kavilatul Bariroh, yang biasa akrab dipanggil Vela. Meski sibuk dengan kegiatan di sekolah, ia mengaku senang dapat membantu di pesantren juga, yakni di bagian ubudiyah yang salah satu tugasnya adalah mengontrol santri untuk kegiatan keagaamaan di pesantren, seperti sholat jamaah, sholat sunnah dan wajib, juga memberikan hukuman bagi santri yang melanggar atau telat sholat jamaah.

(Baca juga: jabat departemen syiar dakwah, alumni nuris aktif kuliah dan ipnu-ippnu)

Selain itu ia juga seorang anggota M-sains matematika dan karya tulis ilmiah remaja, tak hanya itu dia juga merupakan siswa berprestasi. Ia pernah masuk 10 besar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten, sedangkan di KIR ia pernah menggondol juara 1 LKTI di UNDIKSA, dan pernah masuk sebagai peserta 10 besar LKTI di UGM.

“Waktu itu saya pernah mengikuti lomba olimpiade matematika dan masuk 10 besar KSM kabupaten (peringkat 8), sedangkan di KIR, saya pernah meraih juara 1 LKTI dengan tema “Kenakalan Remaja,” di UNDIKSA, dan pernah juga masuk sebagai peserta 10 besar LKTI di UGM,” ungkapnya.

Setelah lulus dari MA Unggulan Nuris, ia kemudian melanjutkan pendidikannya di jurusan statistika, Universitas Brawijaya Malang. Ia mengaku mengambil jurusan ini karena ingin mendalami bidang tersebut.

(Baca juga: selamat! alumni nuris terpilih jadi wakil hmps ilmu hadits uin khas jember)

“Saya mengambil jurusan ini karena dianggap masih memiliki arah yang tidak jauh beda dengan bidang matematika yang saya tekuni selama di MA Unggulan Nuris. Serta memiliki peluang kerja yang lebih besar, sehingga saya lebih ingin mencoba jurusan statistika daripada matematika,” ujarnya.

Sebagai mahasiswa ia juga tak hanya aktif menjadi mahasiswa saja, namun ia juga pernah aktif di staf HRD Ritma (riset dan keilmiahan) dan staf sainspreneur fosman (forum sainstis muda nasional) ketika duduk di semester 2.

Ia juga memberikan kesan selama ia pernah menjadi santri di Pesantren Nuris Jember. “Untuk kesan, banyak yang dapat di ambil selama saya di Nuris. Rasa kebersamaan, peduli, serta ta’dzim guru. Dan Nuris juga memberi wadah serta mendukung minat dan bakat yang dimiliki santri,”

“Pesan untuk adik-adik yang masih menimba ilmu di pesantren, manfaatkan waktu yang kalian miliki saat masih di Nuris. Lakukan segala kegiatan yang kiranya dapat membantu mengasah bakat kalian. Karena kalian tidak akan pernah menemukan pesantren yang serupa dengan Nuris dalam penanganan minat bakat santrinya, Nuris keren,” tambahnya. [Red.Dev]

Nama: Kavilatul Bariroh
Tempat, tanggal lahir: Pasuruan, 29 Maret 2000
Lembaga: MA Unggulan Nuris, IPA, 2018
Kuliah: S1 Jurusan Statistika, Universitas Brawijaya
Alamat: Jl KH Ahmad Dahlan no 30 Krajan II Jombang, Jember

Related Post