Penelitian Lumayan Berat, Bukan Alasan Tak Lulus Cepat

Terbukti, Pembelajaran Daring Bukan Halangan Selesaikan Pendidikan

Pesantren Nuris – Pembelajaran daring merupakan keluhan mahasiswa di tengah masa pandemi saat ini. Namun, berbeda dengan salah satu alumni Nuris ini. Meski keluhan tidak dapat terelakkan, alumni ini berhasil taklukkan tantangan untuk selesaikan pendidikan di masa pandemi. Dia adalah Miftahul Afkarina.

Miftahul Afkarina merupakan salah satu alumni MA Unggulan Nuris jurusan PK angkatan 2017 yang terkenal cerdas semenjak menjadi santri. Tak tanggung-tanggung, perempuan ini mendapat amanah mengajar semenjak dia duduk di kelas tiga MA. Sebagai santri pilihan yang diberi amanah mengajar, sudah pasti dia memiliki tanggung jawab yang lebih besar.

Selain cerdas, perempuan berzodiak aquarius ini juga terkenal ulet. SPAN-PTKIN (SeleksiPrestasi Alademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) pun berhasil ditaklukkan pada pilihan prodi Manajemen Pendidikan Islam.

“Sebagai anak manajemen pendidikan, bukan hanya harus pintar mengatur segala hal yang berhubungan dengan pendidikan. Namun, ia harus pintar juga memanajemen diri sendiri. Termasuk dalam penyelesaian pendidikan.” Terangnya mengungkapkan motivasi lulus cepat dan tepat.

(baca juga: Wujudkan HMPS Manajemen Dakwal Unggul, Alumni Nuris ini Nahkodanya)

Awal semester tujuh, perempuan asal Ambulu ini mengajukan beberapa judul ke pihak prodi untuk dijadikan penelitian. Dari beberapa judul yang diajukan, judul yang terpilih tergolong menantang bagi mahasiswa S-1 yaitu “Hubungan Manajemen Strategi dengan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kecamatan Balung”. Bahkan perempuan ini mengaku, bahwa dosennya pernah mengatakan kalau penelitiannya biasa diteliti oleh mahasiswa magister bukan mahasiswa S-1.

Pengakuan terkait sulitnya penelitian yang ia ambil, tidak menyurutkan niatnya menyelesaikan skripsi dengan cepat dan tepat. Berbagai langkah ia tekuni, demi menyelesaikan skripsinya. Mencari referensi lewat internet, bahkan menyisihkan uang untuk membeli buku tidak absen dari usahanya. Alhasil, pengorbanan tenaga juga waktunya berbuah hasil. Ia menyelesaikan pendidikan sarjananya tepat pada tanggal 17 Juni 2021 lalu.

“Untuk keinginan S-2 pasti ada. Hanya saja, untuk saat ini saya masih mau fokus sama step selanjutnya hingga wisuda sarjana. Doakan saja yang terbaik.” tuturnya di akhir wawancara.[HimmatulUlya]

Nama              : Miftahul Afkarina

Alumni           : MA Unggulan Nuris, jurusan PK, tahun 2017

Kuliah            : Manajemen Pendidikan Islam, UIN KHAS Jember

Related Post