Berkontribusi di Organisasi, juga Cakap dalam Akademisi

Dalami Ilmu Hukum sebagai Upaya Gali Potensi dan Ingin Abdikan Diri dalam Penegakannya di Masyarakat

Pesantren Nuris – Alumni Nuris yang satu ini terbilang potensial dan cukup membanggakan. Betapa tidak, keinginannya untuk menyeimbangkan konstribusi di organisasi dan akademisi mulai tampak. Konon, tepat pada tanggal 02 April 2021 lalu, ia resmi dilantik sebagai wakil HMPS Hukum Keluarga UIN KH. Achmad Sidik (UIN Khas) Jember.

M. Rifqi Arifin, lelaki asal Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, adalah lulusan SMA Nuris Jember tahun 2019 lalu, pada jurusan IPA. Setelah itu, ia melanjutkan studi sarjana di UIN Khas Jember pada program studi hukum keluarga, yang sebelumnya lolos via UMPTKIN.

Lelaki yang bercita-cita menjadi jaksa ini betul-betul menjalani pendidikan tingkat tinggi dengan penuh semangat. Terbukti, dengan sagala tindak-tanduknya di organisasi, Rifqi, sapaan akrabnya, tetap mampu mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) summa cum laude yakni, 3,72. Luar biasa bukan?

(baca juga: Dari Hobi hingga Jasa Sketsa dan Mural, Dapat Jodoh Sesama Alumni Nuris juga lho)

Bahkan dia diamanahi sebagai wakil Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) hukum keluarga di Fakultas Syariah, UIN Khas Jember (sebelumnya bernama IAIN Jember). “Saat didelegasikan sebagai pengurus inti HMPS HK, ya saya menerima saja. Memang saya ada keinginan dan juga Alhamdulillah atas dukungan teman-teman.” Tutur lelaki bermata sipit kayak oppa Korea tersebut.

“Sejak awal saya ingin banyak belajar dan meningkatkan pengalaman baik melalui akademik maupun organisasi. Di akademik, saya belajar bagaimana memahami ilmu hukum keluarga dan bisa mengamalkannya di masyarakat. Begitu pula organisasi, saya ingin berkontribusi lebih secara strategis.” Imbuh pemuda kelahiran Jember, 26 Mei 2001 tersebut.

Pemilihan mandataris ketua dan wakil ketua HMPS Hukum Keluarga Fakultas Syariah UIN Khas Jember dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2021, Rifqi sebagai wakil mendampingi Naila Margaretha. Melalui pemilihan langsung dan musyawarah besar tersebut, akhirnya mereka dipastikan akan mengabdikan diri selama satu periode tahun 2021/2022.

Ada pun visi misi yang ingin dicapai oleh pasangan pemimpin terbaru ini adalah membangun HMPS HK yang aspiratif, progresif, guna membentuk mahasiswa yang berjiwa intelektual dan spiritual dengan landasan kekeluargaan.[AF.Red]

Nama                    : M. Rifqi Arifin

Lembaga              : SMA Nuris Jember, jurusan IPA, tahun 2019

Kuliah                   : UIN Khas Jember, prodi hukum keluarga   

Rifqi (paling kiri) bersama Naila saat pelantikan di aula kampus UIN Khas Jember
Related Post