Pandai Manfaatkan Waktu Luang, Alumni Nuris Kuliah Sambil Bekerja

Aktif di Berbagai Organisasi Sejak SMA, Alumni Ini Terbiasa Bekerja Keras

Pesantren Nuris- Alumni Nuris selalu memiliki keunikannya masing-masing, mereka datang dari berbagai lapisan masyarakat yang memiliki kelebihan dan bakat masing-masing. Nah alumni Nuris yang satu ini merupakan seorang gadis tangguh dan pekerja keras.

Ia adalah Rizky Fadjerin Rahmawati,  gadis cantik ini merupakan alumni SMP Nuris Jember, lulusan tahun 2017 dan SMA Nuris Jember lulusan tahun 2020, jurusan IPS. Semasa menjadi santri di Pesantren Nuris Jember, ia dikenal dengan santri yang aktif diberbagai kegiatan dan organisasi.

Ketika duduk di bangku SMA Nuris Jember, ia pernah aktif di ekstrakurikuler broadcasting dan  olimpiade ekonomi, baginya ikut serta dalam organisasi itu sangatlah penting dan dapat menambah wawasan.

“Menurut saya aktif dalam organisai itu sangatlah penting,  yang pertama kita bisa mendapatkan ilmu tambahan bukan hanya ilmu pelajaran yang diberikan guru di kelas. Yang kedua menambah pengalaman seperti pengalaman-pengalaman yang belum pernah kita lakukan (membuat film, siaran radio, lomba-lomba olimpiade ekonomi dan lain-lainnya),” ungkapnya.

(Baca juga: diterima di ahass gunawan motor kaliwates, alumni smk nuris jember langsung bekerja setelah lulus)

Setelah lulus dari SMA Nuris Jember, ia kemudian melanjutkan pendidikannya dengan kuliah di jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), UIN KH. Ahmad Siddik (UIN Khas) Jember. Ia diterima melalui jalur tes UMPTKIN.

Kiki juga menceritakan alasannya memilih jurusan KPI, tak lain dan tak bukan karena minatnya di bidang kepenyiaran, sejak duduk di bangku SMP Nuris Jember.

“Alasan saya mengambil jurusan tersebut, karena dari SMP  Nuris Jember kelas 9 saya sangat suka dengan ilmu kepenyiaran dan broadcasting. Alhamdulillah ketika di SMA Nuris Jember, sudah tersedia ekstrakurikuler broadcasting, akhirnya dari situ saya mendapat edukasi tentang dunia kepenyiaran dan broadcast, dan membuat minat saya semakin besar, dan saya juga ingin mendalami Ilmu perfilman juga,” ungkapnya.

Gadis kelahiran Jember, 24 September 2001 ini mengaku di masa pandemi ini ia masih mengikuti perkuliah secara daring.

“Mengikuti perkuliahan secara online ada senang dan tidaknya, senang karena waktu kita bisa di pakai buat kegiatan lain seperti jalan-jalan, jualan , kerja walaupun dalam waktu kuliah.  Tidak senangnya pelajaran yang di sampaikan dosen kurang memuaskan sekalipun menggunakan zoom, selain itu juga tidak dapat bersosialisasi secara langsung dengan teman-teman sekelas, sekampus. Harapan saya semoga kuliah segera offline, karena saya juga ingin merasakan aktif di organisasi seperti jaman SMA dulu,” ungkapnya.

Selama mengikuti kuliah daring, Kiki mengaku kuliah sambil bekerja untuk membantu ekonomi keluarganya. Ia sempat bekerja di bagian kasir Angkringan Dapure Jasmin , dan Koki Stand Mayos di Roxy Jember.

(Baca juga: kuliah sambil mengabdi, alumni nuris ini jadi koordinator kelas)

“Dulu saya pernah sambil bekerja, jadi membagi waktunya dengan istirahat dan pengerjaan tugas kuliah, kuliah online juga mempermudah dalam membagi waktu. Sekarang berhenti karena jarak dari rumah ke tempat kerja jauh, tapi di sisi lain saya fokus di jualan online dan ada rencana untuk membuka usaha lain,” ungkapnya.

Baginya menjadi mahasiswa juga harus kreatif, tidak melulu mengandalkan biaya bulanan dari orangtuanya, Kiki juga pandai mengambil peluang yang ada dan memanfaatkannya, sukses selalu ya Kiki. [Red.Dev]

Nama: Rizky Fadjerin Rahmawati
Alamat : Bedadung Gumuk Pakusari Jember
Tempat, tanggal lahir: Jember, 24 September 2001
Lembaga: SMP Nuris Jember, 2017 dan SMA Nuris Jember, 2020
Kuliah: S1 jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), UIN KH. Ahmad Siddik (UIN Khas) Jember (2020-sekarang)

Related Post