Sejarah Pencak silat

Penulis: Andin Putri*

Pencak silat merupakan suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari kepulauan nusantara indonesia. Pencak silat juga termasuk bela diri yang memerlukan banyak konsentrasi, di dalam beladiri ini terdapat pengaruh tionghoa, agama hindu, buddha, dan islam. Pencak silat sudah tersebar ke seluruh kepulauan nusantara sejak abad ke-7.

(Baca juga: sejarah tasbih)

Hal ini bisa dilihat pada masa penjajahan belanda, pencak silat sudah ada dan dipakai untuk melawan penjajah. kala itu juga banyak pesilat tangguh yang muncul di berbagai wilayah.

pencak silat dinaungi oleh IPSI atau Ikatan Pencak Silat Indonesia dibawah naungan KONI atau Komite Olahraga Nasional Indonesia. IPSI berdiri pada tanggal 18 mei 1948 di Surakarta, Jawa Tengah. ada banyak perguruan silat yang menjadi anggota IPSI salah satunya persaudaraan setia hari terate (PSHT) yang didirikan pada tahun 1922 di madiun, Jawa Timur oleh Ki Hadjar Oetomo, murid Ki ngabehi Soerodiwirjo yang merupakan pencipta dari pencak setia hati.

 Selain itu pencak silat juga memiliki beberapa manfaat baik bagi tubuh salah satunya yaitu meningkatkan koordinasi tubuh, Asisten Profesor Benjamin Soon yang bertanggung jawab atas program fisioterapi di Singapore Institute Technology mengatakan, pencak silat dapat meningkatkan koordinasi tubuh serta memungkinkan praktisinya untuk memiliki tubuh yang fleksibel, lincah, serta kuat, mengasah fokus.

(Baca juga: sejarah balon)

Pencak silat juga membantu mengasah indra dan kemampuan seseorang untuk fokus, pencak silat melatih kemampuan mengasah indra dan kemampuan seseorang untuk fokus. Itu salah satu manfaat pencak silat bagi kesehatan tubuh.

Sumber gambar: hallosehat.com

Penulis merupakan siswa kelas X SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post