Juara 2 Cipta Puisi di Ajang Feskom UIJ 2021, Siswa MA Unggulan Nuris Benar-Benar Kreatif

Ungkap Topik Kritik Lingkungan Kekinian, Inspirasi Karya Puisi Santri Nuris ini Ditahbiskan sebagai Juara 2

Pesantren Nuris – MA Unggulan Nuris kembali bangga dengan torehan prestasi siswa terbaiknya di bidang karya sastra. Tak tanggung-tanggung, karya puisi Iffah Nurul Hidayah ditahbiskan sebagai juara 2 tingkat Kabupaten Jember di ajang Festival Komunikasi (Feskom) di Universitas Islam Jember (UIJ) pada hari Senin, 12 Juli 2021 lalu.

Ning Balqis Al Humairo, Kepala MA Unggulan Nuris, turut mengapresiasi capaian prestasi siswa kelas XII IPA 1 tersebut. “Alhamdulillah di saat pandemi yang semakin menakutkan seperti saat ini, anak didik kami tetap bersemangat meraih prestasi. Karena kami di pesantren, pembinaan tetap dilakukan secara intensif, tetapi tetap jaga kesehatan secara ketat.” Tuturnya.

Iffah, sapaan akrab remaja kreatif yang kini duduk di bangku XII IPA 1 MA Unggulan Nuris ini, menulis puisi tentang kritik lingkungan dengan segala keresahan dan satire berjudul “Anak Gunung”. Dengan pengalaman dan referensi bacaan yang dikuasainya akhirnya puisi tersebut tercetus dan dilombakan.

“Ketika membaca tema yang ditentukan oleh panitia Feskom UIJ tentang lingkungan atau alam bebas terbesit di benak saya tentang pertambangan dan perusakan lingkungan yang semakin membabi buta dewasa ini. Mungkin luput dari berbagai pemberitaan besar di media dibanding berita pandemi covid-19, tetapi kita harus terus menyuarakan keadaan genting ini dengan kritis.” Tukas Iffah.

(baca juga: Dua Siswa MA Unggulan Nuris Taklukkan Arabic Competition Tingkat Nasional di UNHASY Jombang)

“Sebagai pelajar sekaligus santri paling tidak mampu mengungkap gagasan positif sebagai pengingat kepada khalayak dan pemangku kebijakan. Kita belum bisa bertindak secara strategis, paling tidak dengan puisi yang katanya mau dibukukan dapat menyadarkan kita semua terkait pentingnya menjaga lingkungan yang semakin kritis tiap waktu.”

Nama-nama peraih juara cipta puisi yang diumumkan via akun instagram panitia tersebut yakni, Rabbani Rafi, SMAN 1 Pakusari, sebagai juara 1; Iffah Nurul Hidayah, MA Unggulan Nuris Jember, sebagai juara 2; dan Tazyinatul Ilmiah, SMA Nuris Jember sebagai juara 3.

Konon mereka akan menerima penghargaan dan hadiahnya secara langsung di kampus UIJ. Karena kondisi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), akhirnya kegiatan tersebu tertunda dan menunggu konfirmasi dari panitia lebih lanjut.[AF.Red]

pamflet pengumuman juara Feskom UIJ 2021 berbagai kategori lomba
Related Post