Apakah Mentimun Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil?

Penulis: Juwita Indah*

Bagi ibu hamil mengkonsumsi sayuran merupakan salah satu sumber nutrisi dan gizi di masa kehamilan. Tentunya, para ibu hamil boleh mengonsumsi berbagai jenis buah serta sayuran yang direkomendasikan oleh dokter seperti mentimun. Nah lalu apa saja sih manfaat mentimun untuk ibu hamil? Ini dia penjelasannya!

Pertama, menambah asupan cairan. Mengkonsumsi mentimun saat hamil dapat membantu menambah kebutuhan asupan cairan para bumil. Hal ini karena di dalamnya terdapat 96% kandungan air. Tak hanya bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, kebutuhan cairan pada masa kehamilan juga berfungsi untuk menambah air ketuban, menghasilkan darah, hingga membentuk jaringan baru. Setidaknya, ibu mendapatkan asupan cairan sebanyak 8 – 12 gelas air dalam sehari.

(Baca juga: manfaat kurma bagi kesehatan)

Kedua, melancarkan pencernaan. Kandungan air serta serat dalam timun tak hanya bermanfaat untuk menambah asupan cairan pada ibu hamil, tetapi juga membantu melancarkan pencernaan. Serat berfungsi membantu melancarkan pergerakan usus sehingga mencegah terjadinya sembelit saat hamil. Selain itu, asupan makanan pada masa kehamilan yang kaya serat juga bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes hingga preeklamsia.

Ketiga, menjaga kesehatan kulit. Perubahan hormon dapat menjadi penyebab kondisi kulit yang tidak menentu selama kehamilan. Sebagian wanita mengalami masalah kulit saat hamil seperti jerawat, stretch marks, kulit kering, hingga noda hitam. Selain merawatnya dengan produk skincare, makan timun saat hamil juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena terdapat kandungan vitamin E yang bermanfaat sebagai antioksidan, melembapkan, menambah kekuatan kulit, menenangkan, serta bersifat antiinflamasi. Ibu bisa mengonsumsinya secara langsung atau menjadikannya sebagai masker sebagai perawatan kulit wajah.

(Baca juga: manfaat terapi dengan air dingin)

Keempat, menambah kekuatan tulang. Jenis mineral yang ibu hamil butuhkan pada masa kehamilan untuk menambah kekuatan tulang adalah kalsium dan kalium (fosfor). Ternyata, dua kandungan tersebut terdapat dalam timun. Maka dari itu, makan timun saat hamil juga membantu untuk menjaga kekuatan tulang pada ibu dan perkembangan janin. Kalium juga berfungsi untuk memperbaiki jaringan sel, menjaga keseimbangan detak jantung, serta menambah kekuatan kontraksi otot.

Nah itu tadi beberapa manfaat mentimun bagi ibu hamil, semoga bermanfaat ya!

Sumber gambar: doktersehat.com

Penulis merupakan siswa kelas XI IPS SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post